get app
inews
Aa Read Next : 290 Personel Gabungan di Kota Pekalongan Amankan Mudik Lebaran

Berlubang dan Rawan Banjir, Jalan Nasional Pemalang hingga Weleri Diperbaiki

Jum'at, 10 Februari 2023 | 11:50 WIB
header img
Perbaikan jalan di jalur Pemalang-Weleri, Pantura, Jateng. Foto: iNewsPantura.id/Suryono Sukarno

PEMALANG, iNewsPantura.id – Jika anda bepergian lewat Jalur Pantura antara Jalan Raya Pemalang sd Weleri, Jawa Tengah,  hati-hatilah! Pasalnya saat ini sedang ada perbaikan jalan menyusul banyaknya kerusakan di sepanjang jalan itu, ada yang berlubang, bergelombang dan sejumlah titik rawan banjir.

Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah - DI Yogyakarta (BBPJN Jateng-DIY) melalui Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Provinsi Jawa Tengah (PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah) melaksanakan beberapa paket pekerjaan pemeliharaan jalan di sepanjang ruas Jalan Nasional Pemalang hingga Plelen pada tahun 2023. Paket pekerjaan tersebut terdiri dari Paket Rekonstruksi Jalan Pemalang - Pekalongan SBSN, paket e-catalogue, dan pekerjaan Pemeliharaan Rutin Jalan Pemalang - Pekalongan - Batang - Weleri oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) 1.2 Provinsi Jawa Tengah.

Total penanganan ruas Jalan Nasional di sepanjang Pemalang hingga Plelen yang menjadi tanggung jawab pengawasan PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah adalah sepanjang 97.01 Km.“Ruas Pemalang - Weleri sepanjang 97.01 Km itu pada tahun ini ada Paket SBSN sepanjang 12.22 Km, dan ada penanganan e-catalogue panjangnya 2.23 Km. Sisanya sepanjang 80.56 Km kita tangani dengan pemeliharaan rutin jalan dan jembatan,” ungkap Christanto Yudha Saputra, PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah.

Paket pekerjaan SBSN dilakukan di KM 110+650 hingga KM 129+000 ruas jalan Pemalang - Pekalongan dengan jenis pekerjaan rekonstruksi rigid. Sementara itu, terdapat dua spot yang masuk dalam paket pekerjaan e-catalogue. Spot pertama berada di Jl. KH. Mas Mansyur (Pekalongan) dengan jenis pekerjaan rekonstruksi rigid pada perlintasan sebidang sepanjang 0.9 Km. Spot kedua berada di Plelen Selatan (perbatasan Kendal) dengan jenis pekerjaan rekonstruksi rigid sepanjang 1.18 Km.

“(Paket pekerjaan) SBSN itu ada di KM 110 sampai KM 127, itu panjangnya 14.2 KM kita membuat rigid baru di atas existing aspal, tapi sebagian besarnya rekonstruksi kontur perkerasan eksistingnya,” terang Yudha.

PPK 1.2 Provinsi Jawa Tengah melakukan pekerjaan pemeliharaan rutin jalan dan jembatan terhadap spot-spot jalan dan jembatan di ruas Pemalang - Pekalongan - Batang - Weleri di luar paket pekerjaan SBSN dan e-catalogue.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut