get app
inews
Aa Read Next : Cadangan Devisa Indonesia Turun Jadi USD144,2 Miliar pada April 2023

Untuk Romadhon dan Lebaran, BI Tegal Siapkan Uang Rp4,5 Triliun

Kamis, 02 Maret 2023 | 09:41 WIB
header img
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Tegal saat diskusi soal UMKM Kota Pekalongan.

Pekalongan,iNewsPantura.id – Untuk keperluan Lebaran tahun ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Tegal, Jawa Tengah akan menyiapkan uang tunai sebesar Rp 4,5 Trilliun termasuk uang pecahan. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Romadhon dan Lebaran Idul Fitri 2023. Penyediaan uang lebaran tersebut dilakukan dengan memperhatikan asumsi makro ekonomi terkini.

Kepala Kantor Perwakilan BI Cabang Tegal, M Taufik Amrozy mengungkapkan bahwa, pihaknya akan melakukan program bersama perbankan di wilayahnya mulai dari Kabupaten Batang hingga Kabupaten Brebes untuk merencanakan dan memenuhi kebutuhan uang masyarakat untuk kebutuhan Lebaran dalam jumlah dan pecahan yang cukup.

"Kami memang sudah rencanakan sejak awal tahun ini, dan terus dikalibrasi lagi menjelang Romadon. Kami lakukan validasi apakah kebutuhan ini bisa memenuhi semua masyarakat, mengingat, menjelang Romadhon ini dipastikan kebutuhan untuk transaksi mengalami peningkatan,’’ kata Taufik.

Menurutnya,  jumlah nominal uang Lebaran yang disiapkan tersebut tidak jauh berbeda jumlahnya dari uang lebaran di tahun sebelumnya. Disamping itu, BI Tegal juga memasifkan edukasi Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah kepada masyarakat melalui berbagai media dan sasaran yang berbeda setiap kali dilakukan.

"Perkiraan kami hampir sama dengan tahun lalu. Untuk mengantisipasi peredaran uang palsu, kami gencar melakukan sosialisais Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah. Salah satunya, melalui wayang untuk mengedukasi masyarakat bisa mengenali ciri-ciri keaslian uang. Dengan demikian, masyarakat paham mana uang asli dan uang palsu,’’ katanya.

Disamping itu,kata dia, masyarakat bisa mencintai dan bangga, bahwa rupiah itu satu-satunya alat pembayaran dan sebagai salah satu simbol negara sehingga menumbuhkan rasa nasionalisme.

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut