get app
inews
Aa Read Next : 7 Negara dengan Penduduk Multibahasa Terbanyak di Dunia

Ancaman Pembunuhan Grup Band Radja di Malaysia, LPSK Bergerak!

Selasa, 14 Maret 2023 | 23:19 WIB
header img
Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) bergerak untuk berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (kemenlu) terkait ancaman penbunuhan yang dialami Grup Band Radja usai manggung di Malaysia. Foto;Dok.iNews

JAKARTA, iNewsPantura.id - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (kkemenlu) usai menerima pengaduan ancaman penbunuhan yang dialami Grup Band Radja usai manggung di Malaysia.

Koordinasi itu dilakukan sebagai bagian pendampingan hukum terhadap Radja. Hal itu disampaikan Wakil Ketua LPSK, Edwin Partogi Pasaribu usai menerima pengaduan dari personel band Radja. "Kami akan berkomunikasi dengan pihak Kementerian Luar Negeri untuk memastikan bahwa apa yang dialami Radja di Johor itu ada tindakan hukum dan diberikan kepada para pelaku," ujar Edwin di lobi Gedung LPSK, Selasa (14/3/2023).

Edwin berharap perwakilan pemerintah Indonesia di Malaysia juga dapat ikut memonitor kasus teror terhadap musisi Tanah Air tersebut. "Kita berharap Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan (RI) yang ada di Malaysia dan Konsulat Jenderal kita di Johor bisa memonitor kasus hukum tersebut," ujar Edwin.

Pihak Radja sudah melaporkan kasus teror tersebut kepada kepolisian Johor di Malaysia. Polisi Johor juga sudah menangkap dua orang terduga pelaku yang menebar ancaman tersebut. "Kabarnya kami dengar tadi sudah ada tindakan, sempat ada penangkapan terhadap dua orang pelaku yang kemudian kabarnya juga ada jaminan mereka dilepaskan lagi," kata Edwin.

Di tempat terpisah, Kepolisian Malaysia telah menyelesaikan penyelidikan kasus ancaman pembunuhan terhadap grup band Radja yang mengadakan konser di Larkin, Johor Bahru, Sabtu (11/3/2023. Berkas-berkas penyelidikan telah diserahkan ke kejaksaan. Kepala Kepolisian Johor Datuk Kamarul Zaman Mamat mengatakan, pihaknya sudah meminta keterangan dari 17 orang dan dua tersangka dalam proses penyelidikan kasus band Radja diancam dibunuh. Selain mendapat ancaman pembunuhan, band rock Indonesia itu juga dimaki-maki saat kejadian.

"Berkas penyidikan sudah dikirim ke wakil jaksa penuntut umum untuk mendapat petunjuk dan petunjuk lebih lanjut," katanya dilansir dari The Star, Selasa (14/3/2023). Kamarul Zaman menjamin penyelidikan dilakukan menyeluruh dan tanpa kompromi sesuai dengan hukum di negara itu. Dia kembali mengimbau masyarakat untuk tidak berspekulasi lebih jauh terkait kejadian tersebut.

Kepolisian Malaysia sebelumnya menangkap dua pria yang diduga terkait dengan ancaman pembunuhan terhadap band Radja pada Minggu (12/3/2023). Kedua tersangka, masing-masing berusia 37 dan 48 tahun, diamankan di markas polisi distrik selatan Johor Baru pukul 15.30.

Keduanya disangkakan dengan Pasal 506 KUHP untuk delik intimidasi kriminal dan Pasal 14 Undang-Undang Pelanggaran Ringan Tahun 1955 atas perilaku menghina. Grup band Radja memberikan keterangan kepada media terkait perkembangan kasus ancaman pembunuhan yang mereka terima usai konser di Johor, Malaysia, Selasa (14/3/2023).

Vokalis Radja, Ian Kasela  mengaku respect dengan kepolisian Malaysia yang bergerak cepat “Saya terima kasih banget. Kami dari manajemen Radja mengucapkan terima kasih terhadap Kepolisian Johor, respect, cepat, good banget itu," kata Ian Kasela dalam pernyataannya kepada media, dikutip dari video di Instagramnya, Selasa (14/3/2023).

Diberitakan sebelumnya grup Band Radja menerima ancaman pembunuhan setelah konser di Larkin Arena Indoor Stadium, pada Sabtu (11/3/2023), sekitar pukul 11.15 malam. Vokalis Radja, Ian Kasela, mengatakan kasus ini berawal dari kesalahpahaman antara mereka dan penyelenggara acara.

"Ini atas permintaan orang yang mengontrak kami bernama Farid untuk meet and greet serta jumpa dengan petinggi dari Johor, seperti kementerian dan kedutaan katanya. Lebih kurang 30 menit kami tunggu dalam ruangan tersebut, sambil terima beberapa fans peminat yang mau foto bersama dengan Radja," tulisnya di Instagram.

Tak lama kemudian, tiba-tiba lebih kurang 15 orang berbadan besar dan berpakaian hitam seperti bodyguard masuk ke ruangan tersebut bersama dua orang dari pihak Tourism Majestic Johor selaku penyelenggara. Ian menyebut, orang-orang tersebut langsung mengunci pintu, menyekap, lalu spontan menendang meja. "Kemudian dengan nada tinggi marah-marah sambil menunjuk-nunjuk muka kami dan mengeluarkan kata-kata kasar sambil membentak serta mengancam akan membunuh kami jika kembali lagi ke Malaysia.

"Tanpa memberikan kesempatan kepada kami untuk berbicara, baik bertanya tentang masalah maupun pembelaan diri. Kami pun kemudian mendapat perlakuan fisik seperti dorongan keras kepada saya sampai saya terpojok ke dinding dan tidak bisa apa-apa," tulisnya.

Personel Radja lainnya juga dibentak dan disuruh diam serta duduk di lantai. Bahkan, dilempar botol minuman yang hampir mengenai wajah drummer Radja. Tanpa alasan yang jelas dan pasti, dua orang tersebut terus saja memaki personel band Radja dengan nada dan intonasi yang sangat tinggi. "Kejadian tersebut berlangsung lebih kurang setengah jam. Setelah itu mereka semua keluar sambil memaki anak-anak kami dengan kata-kata kasar yang berada di luar ruangan," tulis Ian Kasela.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut