get app
inews
Aa Read Next : Pelaku UMKM Pekalongan Didorong Kembangkan Potensi Eksport

Hadapi Krisis Global, UMKM Perlu Terus Didampingi

Selasa, 11 April 2023 | 13:50 WIB
header img
Ketua Pusat Indonesian Women Entrepreneur Forum (IWEF) Khizanaturrohmah bersama pelaku UMKM perempuan di pusat produksi Sambal kemasan Shipo Qu Randudongkal. Foto:iNewsPantura.id/Muhammad Burhan

PEMALANG, iNewsPantura.id – Menghadapi krisis global pasca pandemi di seluruh dunia, Pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) terlu terus didampingi. Sebab faktualnya, UMKM yang jumlahnya sangat  banyak di Indonesia adalah salah satu fundamen penting dalam perekonomian Indonesia.

Demikain disampaikan Ketua Pusat Indonesian Women Entrepreneur Forum Khizanaturrohmah di sela-sela kunjunganya ke rumah produksi sambal Shipo Qu di Randudongkal , Pemalang, Jawa Tengah. Produksi UMKM Indonesia kata dia sejatinya tidak kalah bersaing hanya saja memang perlu didampingi. “Tentu saja pelaku UMKM tidak bisa dibiarkan sendirian berkompetisi dengan merk dari perusahaan besar karena mereka pasti terlindas karena modal UMKM sangat terbatas,” ujar Khizanaturrohmah yang juga salah satu staf khusus di Kementerian Tenaga Kerja yang membersamai berbagai program kewirausahaan.

Dia mencontohkan dengan produk Sambal Shipo Qu asal Randudongkal yang sudah dikemas dengan baik dan terus membutuhkan pendampingan agar terus bisa memperbaiki produknya .Dukungan riil juga harus diberikan oleh banyak pihak salah satunya dengan membeli produk UMKM. “Ayo beli produk UMKM seperti sambal Shipo Qu ini, “ ujar Mbak Khiz, pangilan akrab Khizanaturrohmah yang juga asli warga Pekalongan .

Rina Puji Astuti, pemilik produk  Sambal Shipo Qu mengatakan, produknya sudah dijual ke berbagai daerah . Kapasitas produksi tiap bulannya adalah 200 botol. Dia berharap usahanya bisa berkembang dan memberikan manfaat bagi sekelilingnya.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut