get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

291 Warga Sudah Meninggal Masih Terdata di DPS Pemilu 2024 yang Ditetapkan KPU Batang

Jum'at, 28 April 2023 | 11:41 WIB
header img
Logo Bawaslu Kabupaten Batang

BSTANG, iNewsPantura. id – Bawaslu Kabupaten Batang menemukan sebanyak 291 warga yang sudah meninggal dunia, namun masih terdata dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 yang ditetapkan KPU Batang.

Tidak hanya itu, ada beberapa poin juga yang dicermati Bawaslu Batang terkait DPS Pemilu 2024. Seperti masih ditemukannya,  77 pemilih yang tidak lengkap elemen datanya.

Kemudian ada 56 orang yang memenuhi syarat tetapi belum masuk ke dalam ditemukannya 165 pemilih ganda dan adanya 9 temuan satu KK yang pisah TPS.

"Untuk hasil pencermatan tersebut, akan dilakukan saran perbaikan oleh Panwaslu Kecamatan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)," ujar  Ketua Bawaslu Batang, Mahbrur  melalui Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Batang, Khikmatun, saat diwawancarai, Kamis (27/4/2023).

Diakui Khikmatun, dalam pencermatan DPS ini pihaknya butuh strategi baru. Pasalnya salinan DPS yang diberikan ke Bawaslu Batang hanya memberikan salinan DPS dalam format tanpa NIK.

"Harus lebih teliti lagi dalam melakukan pencermatan, khususnya dalam mengecek data ganda, karena tak adanya NIK. Kami juga apresiasi jajaran pengawas Pemilu hingga tingkat desa yang berusaha untuk mencermati DPS ini," tambah dia.

Ia juga  berharap nantinya hasil pencermatan ini bisa segera ditindaklanjuti oleh jajaran KPU Batang. Mengingat ke depan ada beberapa tahapan yang harus dilalui, dimana ada tahap perbaikan DPS dan Penyusunan DPSHP  selama dua Minggu, mulai 24 April - 7 Mei 2023. 

"Kami (Bawaslu Batang)  berharap jajaran KPU Batang dapat menindaklanjuti hasil pencermatan ini sesuai regulasi seakurat mungkin. Sehingga, masyarakat akan mendapati DPT kita adalah DPT yang berkualitas,"pungkas Khikmatun. *

Editor : Trias Purwadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut