get app
inews
Aa Read Next : TP PKK Blado Juara 1 Lomba Busana Batik

Ratusan Calhaj Batang Jalani Manasik

Kamis, 18 Mei 2023 | 13:40 WIB
header img
Ratusan Calhaj Batang jalani manasik haji.

BATANG, iNewsPantura - Kantor Kemenag Kabupaten Batang menggelar bimbingan manasik haji untuk menyiapkan mental dan materi berhaji sebelum ke Tanah Suci.

Bimbingan manasik diawali pada 13 dan 14 Mei, untuk manasik haji tingkat Kabupaten Batang. Dilanjutkan ke tingkat kecamatan hingga 19 Mei.

Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kantor Kemenag Batang Lutfi Hakim mengatakan, beberapa materi yang lebih ditekankan kepada Calon Jamaah haji (Calhaj) antara lain agar lebih memperhatikan kondisi kesehatannya, agar ketika berada di Mekah dan Madinah siap menjalani segala prosesi ibadah haji.

"Calhaj harus menjaga kondisi fisik dan mental. Insyaallah kalau untuk materi manasik, Calhaj sudah mendapat bimbingan yang intensif, termasuk wajib mengikuti segala ketentuan pemerintah, demi lancarnya seluruh proses ibadah di Tanah Suci,” kata Lutfi, usai menyampaikan materi manasik haji, di Aula Gedung NU Batang, Kabupaten Batang, Selasa (16/5/2023).

Ia memastikan, setelah selesainya bimbingan manasik haji di tiap kecamatan, seluruh Calhaj akan mengikuti praktik bimbingan manasik haji di Islamic Center Banyuputih.

"Rencananya praktik manasik haji akan dilaksanakan bersama-sama hari Sabtu 20 Mei di Islamic Center Banyuputih,” terangnya.

Ia menambahkan, hingga saat ini dari 714 jamaah, yang telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), sebanyak 708 jamaah.

"Itu belum termasuk Calhaj Cadangan yang berjumlah 141 yang terbagi beberapa gelombang, yakni gelombang pertama 55 jamaah,  kedua 35 jamaah dan ketiga 51 jamaah,” ujar Lutfi Hakim.*

Editor : Trias Purwadi

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut