get app
inews
Aa Read Next : Pasar Senggol Kebakaran, Pemkot Pekalongan Segera Bangun Pasar Darurat

Walikota Pekalongan Ajak Masyarakat Aktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila

Kamis, 01 Juni 2023 | 21:10 WIB
header img
Peserta upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Mataram KOta Pekalongan. Foto:iNewsPantura.id . Suryono Sukarno

Pekalongan, iNewsPantura.id- Walikota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid mengajak kepada masyarakat Kota Batik untuk mengaktualisasikan nilai- nilai dalam sila Pancasila.

Demikian disampaikan Walikota saat memberikan amanat dalam Upacara Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2023 yang mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Dalam upacara yang berlangsung di Lapangan Mataram Kota Pekalongan, Kamis (1/6/2023). Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni kata  Walikota, wajib dimaknai sebagai momentum pengingat dalam mengaktualisasi nilai-nilai dasar negara Indonesia tersebut. Momen ini juga diharapkan dapat dimaknai sebagai upaya untuk memajukan bangsa, sekaligus menjadi sumbangsih masyarakat Indonesia bagi dunia.

Walikota Pekalongan yang akrab disapa Aaf tersebut, menyampaikan bahwa, pancasila sebagai dasar negara Indonesia ini tidak lekang oleh waktu baik dari zaman dahulu, saat ini, maupun masa yang akan datang. Sehingga, masyarakat Indonesia harus selalu mempedomani dan berpegang teguh pada pancasila dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. 

"Pancasila ini juga sebagai dasar kita dalam menghadapi era globalisasi, situasi dan kondisi saat ini seperti yang diamanahkan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo seperti tetap menjaga kondusivitas menjelang pemilu, keamanan negara, penurunan angka stunting yang saat ini kasusnya masih tinggi, dan sebagainya," ucapnya.

Menurutnya, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Dimana, nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia agar tidak mengalami disorientasi di masa depan. Melalui rasa cinta terhadap bangsa sendiri, maka masyarakat akan mengerti betapa pentingnya menegakkan dan mengamalkan Pancasila dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat bahwa,  momentum Harlah Pancasila ini bisa terus memberikan spirit dan semangat baru untuk terus mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut