get app
inews
Aa Read Next : Diskominfo Batang dan Telkomsel Resmikan Tower BTS di Desa Silurah

Sering Hujan di Malam Hari, Panen Kopi di Batang Turun

Selasa, 13 Juni 2023 | 22:08 WIB
header img
Harga kopi di Kabupaten Batang Jawa Tengah mengalami kenaikan harga. Hal ini dipicu hasil panen kopi yang menurun karena sering turun hujan di malam hari.

BATANG, iNewsPantura.id - Harga kopi di Kabupaten Batang Jawa Tengah mengalami kenaikan harga. Hal ini dipicu hasil panen kopi yang menurun karena sering turun hujan di malam hari.

Desa Surjo Kecamatan Bawang penghasil kopi terbaik di Kabupaten Batang harga red cherry kopi asalan robusta mencapai Rp8.500,00-Rp8.700,00 Per kg dari sebelumya Rp6.000,00 per kg. Sementara harga red cherry kopi arabika mencapai Rp12.000,00-Rp13.000,00 per kg dari sebelumya Rp8.000,00 per kg.“Iya, memang ada kenaikan harga kopi di Kabupaten Batang, karena faktor cuaca sering turun hujan pada waktu malam hari,” kata Petani Kopi Rokhim saat ditemui di Kebun Kopi Desa Surjo, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.

Faktor cuaca ini yang menyebabkan bunga kopi yang nantinya jadi buah kopi mati, karena terkena air hujan tetapi siangnya panas terik yang menyebabkan kebakar bunga kopinya langsung menghitam.“Adanya faktor itu, prediksi kami dari petani kopi pada panen raya bulan Juni 2023 akan mengalami penurunan 30% yang pada tahun sebelumya berhasil panen 12 ton,”jelasnya.

Makanya, meskipun ada kenaikan harga para petani kopi tidak senang melihat hasil panen yang menurun ini. Apalagi daerah Desa Sujo salah satu sentra kopi yang terkenal berkualitas bagus kopinya dan sering diburu pecinta kopi luar daerah.

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut