Logo Network
Network

Puluhan Pemotor di Brebes Didenda Langgar Prokes Covid-19

Yunibar
.
Kamis, 08 Juli 2021 | 00:24 WIB
Puluhan Pemotor di Brebes Didenda Langgar Prokes Covid-19
Sidang Ditempat diberlakukan petugas bagi warga yang membandel melanggar aturan PPKM Darurat (Dede Kurniawan)

BREBES, iNews.id – Puluhan pengendara motor yang tidak memakai masker di Brebes terjaring operasi yustisi protokol kesehatan tim gabungan Satgas Covid-19, Rabu (7/7/2021). Mereka kemudian digiring petugas untuk disidang dan langsung membayar denda. 

Sidang di tempat dilakukan oleh Pengadilan Negeri dan Kejaksaan Negeri setempat. Setelah melalui serangkaian proses sidang tindak pidana ringan dan membayar denda, mereka diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Uang denda selama PPKM Darurat akan disetorkan oleh Kejari Brebes ke kas negara. Dalam persidangan tersebut, para pelanggar protokol kesehatan juga diberi edukasi agar mematuhi protokol kesehatan.

Pemberlakuan denda ini tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Brebes nomor 2 Tahun 2021.  Salah seorang pelanggar prokes mengaku menerima sanksi berupa denda sebesar Rp50.000 dan Rp2.000 untuk membayar biaya sidang.

“Tadi saya sudah pakai masker, cuma basah.Terus masker saya buang. Dendanya Rp50.000, ya saya menyesal pak,” Imam Rosyadi, pelanggar prokes.

Kepala Kejari Brebes Mernawati mengatakan, operasi yustisi akan dilakukan setiap hari selama pelaksanaan PPKM Darurat.  Untuk lokasi operasi yustisi akan berpindah-pindah.

Bersama pemerintah daerah juga terus melakukan sosialisasi agar masyarakat sadar hukum, termasuk sanksi pelanggaran protokol kesehatan di masa PPKM Darurat.

“Kami sesuai dengan perintah Presiden Jokowi dan instruksi Mendagri , instruksi bupati untuk pelaksanaan peraturan daerah terkait dengan PPKM Darurat. Ini bekerja sama pemda, forkopimda menggelar kegiatan sidang di tempat operasi yustisi,” kata Mernawati.

Sekda Brebes Djoko Gunawan mengatakan, sebelum pelaksanaan operasi yustisi dalam rangka penegakan perda dalam PPKM Darurat, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait sanksi jika tak mematuhi protokol kesehatan.

Sosialisasi dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 Kabupaten Brebes melalui pengeras suara menggunakan mobil keliling. “Kegiatan hari ini dalam rangka penegakan perda dalam pelaksnaan PPKM Darurat yang dilaksanakan tanggal 3 sampai 20 Juli,” kata Sekda.

Artikel ini telah tayang di jateng.inews.id dengan judul " Operasi PPKM Darurat di Brebes, Puluhan Pelanggar Prokes Disidang di Tempat 
 

Editor : Kastolani

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Bagikan Artikel Ini