get app
inews
Aa Read Next : Meninggal karena covid , Dorce Gamalama  ingin dimakamkan sebagai perempuan

Dorce Meninggal Dunia, Simak Profil Singkatnya

Rabu, 16 Februari 2022 | 10:55 WIB
header img
Dorce Gamalama Meninggal Dunia (Foyo: Okezone.com)

Jakarta - Dorce Gamalama meninggal dunia di RSPP Simprug akibat terinfeksi Covid-19, Rabu, 16 Februari 2022.

Terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi. Dorce dilahirkan di Solok, Sumatera Barat pada 21 Juli 1963 dari pasangan Achmad dan Dalifah. 

Panggilan Dorce berawal dari Myrna yang memimpin tari waria Fantastic Dolls. Dia mantap untuk melakukan operasi kelamin menjadi wanita di Surabaya tahun 1983.

Dorce Gamalama sempat mengubah namanya beberapa kali. Diantaranya Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkapeer, dan lainnya. 

Pada usia dua tahun, Dorce Gamalama pindah ke Jakarta bersama sang nenek. Dorce muda mulai dikenal sebagai pembawa acara, penyanyi, dan aktris.

Tahun 1990 Dorce Gamalama mulai mendapat banyak job di dunia hiburan. Salah satunya Dorce punya dua film yang membuat dirinya jadi bintang utama, yakni Dorce Sok Akrab dan Dorce Ketemu Jodoh.

Dia juga pernah meluncurkan single berjudul Cinta Kendur di Jalan. Keahlian lain Dorce Gamalama mampu menyanyikan lagu dari berbagai genre mulai dari jazz, cha-cha, rock, pop, dan dangdut.Dorce Gamalama juga mahir menyanyikan lagu dalam bahasa seperti, Inggris, China, Arab, dan India. 

Dorce sempat bergonta-ganti nama panggung. Dia dikenal dengan nama Dorce Gamalama, Bunda Dorce, dan Dorce Gamalama Halimatussadiyah. Pada 2005 Dorce pernah booming dengan Dorce Show dan membuat dirinya dijuluki Oprah Winfrey Indonesia.

Selanjutnya dia membawakan D'Show pada 2009, serta berbagai acara TV lainnya juga pernah dia bawakan seperti Kencan.

Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan rekor pada Dorce Gamalama lantaran berhasil merilis sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

Dorce disebut pernah menikah dan punya tiga anak adopsi, yaitu Rizky, Fatimah, dan Khadijah. Hingga akhir hayatnya, Dorce Gamalama sangat dikenal aktif menjadi pengurus kegiatan sosial Yayasan Dorce Halimatussa'diyah.

Dorce meninggal dunia di RSPP Simprug karena COVID-19. Sebelumnya, dalam kondisi sakit lama dan sudah berada di kursi roda, Dorce sempat membuat heboh lantaran meminta bantuan pada Presiden Joko Widodo hingga Megawati.

Selamat jalan, Bunda Dorce Gamalama!
 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut