get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Penimbun Minyak Goreng Bakal Dikenakan Sanksi

Kok Bisa! Emak-emak Penimbun Minyak Goreng Malah Merugi Hingga Milyaran Rupiah

Senin, 21 Februari 2022 | 08:22 WIB
header img
ilustrasi

JAKARTA - Pelaku penipuan pengadaan minyak goreng terhadap sejumlah Ibu-ibu di Koja, Jakarta Utara berhasil diamankan  dengan nilai kerugian hingga miliaran rupiah.

Kombes Pol Wibowo Kapolres Metro Jakarta Utara,  mengatakan pelaku DA (38) justru membeli minyak goreng dengan harga kisaran Rp200 ribu perdusnya, lebih mahal dari harga jualnya.

"Sudah kita periksa tadi malam, ya dia mengakui karena bersangkutan dan suami tidak punya pekerjaan. Akhirnya untuk mencari pekerjaan carany dengan berani menjamin mengadakan minyak goreng kepada korban,"kata Kombes Pol, Widodo kepada MNC Portal, Minggu,(20/2/2022)

"Sementara pelaku sendiri beli minyak goreng di harga diatas itu. Dia beli harga Rp200 ribu dijual Rp150-135 ribu,"ujar Widodo.

Dia mengatakan, tersangka telah melakukan aksinya sejak Januari 2022 dengan mengimingi korban akan harga minyak goreng murah dipatok dengan harga kisaran Rp135-150 ribu per dus/12 liter.

Karena korban tertarik sehingga mereka memberikan jaminan uang kepada pelaku. Sementara pelaku sendiri membeli minyak goreng di harga diatas Rp200 ribu per dusnya.

Awalnya semua permintaan dipenuh oleh DA. Namun makin hari kehari permintaan hanya dipenuhi sebagian hingga berakhir tidak dipenuhi.

"Bagaimana mau untung beli Rp200 kan dijual 135-150 kan rugi. Jadi dia gali lobang tutup lobang,"ucap dia.

Kombes Pol Widodo menyampaikan saat ini baru ada satu korban bernama Endang Nuryati yang telah melaporkan dengan bukti-bukti lengkap dan total kerugian sebesar Rp135 juta Sementara ia menduga masih banyak korban lainnya.

"Sementara yang baru laporan berikut lengkap dengan bukti-bukti 1 orang. Tetapi diduga masih banyak korban-korban lainnya, saya sampaikan segera bahwa perlu bukti-bukti untuk mendukung pemeriksaan kita,"tutup dia.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut