get app
inews
Aa Read Next : Menhan Prabowo Serahkan 100 Unit Motor Trail untuk Babinsa

Elektabilitas Prabowo Melejit, Pengamat: Totalitas sebagai Menteri

Kamis, 24 Februari 2022 | 11:58 WIB
header img
Menhan Prabowo Subianto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Berdasarkan survei Litbang Kompas, Elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 masih tertinggi. Pengamat politik Adi Prayitno menyebut hal ini dikarenakan publik melihat totalitas sebagai menteri dan loyalitasnya kepada Presiden Jokowi.

“Meski jarang tampil ke publik, Prabowo menunjukkan loyalitas dan totalitasnya sebagai menteri. Tak seperti kekhawatiran publik bakal ada dua matahari kembar setelah Prabowo masuk koalisi,” jelas Adi saat dihubungi, Rabu (23/2).


Berdasarkan jajak pendapat Litbang Kompas terbaru tentang elektabilitas tokoh bakal calon presiden 2024, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo masih berada di puncak klasemen (26,5%) disusul Ganjar Pranowo (20,5%) dan Anies Baswedan (14,2%). Survei dilakukan pada 17 sampai 30 Januari 2022 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Adi menjelaskan, elektabilitas Prabowo selalu kokoh lantaran terobosan yang dibuatnya dalam bidang pertahanan.

“Misalnya soal terobosan-terobosan dalam modernisasi alutsista TNI dengan skema pengadaan alutsista government to government tanpa melalui perantara,” jelasnya.

“Termasuk juga soal kontrak pengadaan jet tempur Rafale dan kapal selam Scorpene dengan Prancis yang notabene sangat dibutuhkan TNI AU dan AL untuk mengganti alutsista yang sudah usang,” katanya.


Adi juga melanjutkan, fakta lain dari terus melejitnya elektabilitas Prabowo dalam survei Litbang Kompas adalah popularitasnya di mata masyarakat.

“Tentu ini efek dari tabungan politik Prabowo yang sudah lama malang melintang di jagad politik pencapresan. Popularitas Prabowo hampir mentok 100 persen. Semua orang kenal Prabowo yang selalu dipersepsikan sebagai calon pemimpin nasional setiap musim pemilu,” tuturnya.

Dari fakta-fakta inilah, menurut Adi, yang semakin menebalkan semangat Partai Gerindra untuk tetap mengusung Prabowo Subainto pada Pilpres 2024.


Setelah Prabowo, Ganjar dan Anies, ada nama Sandiaga Uno (4,9%), disusul Agus Harimurti Yudhoyono (3,7%), Basuki Tjahaja Purnama (2,9%), Ridwan Kamil dan Tri Rismaharini (2,6%), Andika Perkasa (2%), Gatot Nurmatyo (1,4%), Erick Thohir dan Mahfud MD (1,1%), dan Puan Maharani (0,6%).

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut