Logo Network
Network

Petumbuhan Ekonomi 2.58 %, Pemkab Pekalongan Minta Kadin ikut Bantu Pulihkan Ekonomi

Nanang Sulaeman
.
Kamis, 24 Februari 2022 | 07:01 WIB
Petumbuhan Ekonomi 2.58 %, Pemkab Pekalongan Minta Kadin ikut Bantu Pulihkan Ekonomi
Sekda Kabupaten Pekalongan HM Yulian Akbar (tengah) bersama Ketua kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono (kiri) dan Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Kabupaten Pekalongan HA Failasuf

KABUPATEN PEKALONGAN,iNews - Pemkab Pekalongan minta  kepada Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pekalongan untuk ikut membantu memulihkan ekonomi di Kota Santri yang terpuruk karena pandemi.

Demikian disampaikan Sekda Kabupaten Pekalongan H M Yulian Akbar usai menghadiri pelantikan Pengurus Kadin Kabupaten Pekalongan 2022-2027.  Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan saat ini kata dia, hanya 2,58 %. Itu relatif rendah di Jateng yang angkanya sekitar 4 %. "Ekonomi kita tumbuh tapi lambat.Dua tahun ini yang tubuh hanya sektor pertanian yang lain minus," ujarnya.

Sektor ekonomi yang turun seperti sektor pengolahan dan tekstil disitu ada sekitar 44 ribu UMKM Kabupaten Pekalongan. Kapasitas fiskal Pemkab Pekalongan kata Sekda, sangat terbatas. Sementara prioritas Pemkab saat ini adalah untuk merealisasikan janji politik yaitu pengobatan gratis, pendidikan gratis dan infrastruktur. "Pemkab sangat terbuka untuk bersama menggarap pengembangan ekonomi.Mari duduk bareng , diskusi bareng untuk membantu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pekalongan,".

Pemkab kata dia, butuh kolaborasi sebab jika hanya dilakukan dinas terkait, susah sekali. "Kami mohon dibantu, ini permohonan kami bagi kadin. Ini bukan basa basi, paling lama awal Maret kita bertemu untuk merumuskan bersama bagaimana mengambangkan perekonomian,".

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Bagikan Artikel Ini