get app
inews
Aa Read Next : Enam Tahanan Polres Tegal Kabur Polisi Sebar Foto DPO

Debat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupat Ricuhi Batang Ricuh

Jum'at, 25 Oktober 2024 | 21:06 WIB
header img
Debat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Batang Ricuh. Jum'at 25/10/2024 foto: Suryo Sukarno


Batang, inewsPantura.id
Jum'at 25 /10/2024

Debat pertama Pemilukada Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Batang Jawa Tengah,  Jum'at sore, diwarnai kericuhan. Puluhan pendukung dari kedua pasangan calon terlibat bersitegang hingga nyaris bentrok.

Beruntung, pihak keamanan yang berjaga di lokasi segera melerai dan mengamankan kedua belah pihak. Beberapa orang dibawa keluar acara untuk mencegah suasana semakin panas.

Kericuhan ini terjadi saat segmen terakhir, ketika kedua pasangan calon menyampaikan orasi penutup. Kedua kelompok pendukung awalnya meneriakkan yel-yel, namun kemudian saling ejek hingga berujung ricuh.

Ketua Bawaslu Batang, Mabrur menyebutkan keriucuhan terjadi karena saling adu yel yel antara pendukung pasangan calon. Yel- yel seharusnya hanya dilakukan saat jeda dan bergantian. Namun ternyata saat sesi debat ada yang "nyeletuk" sehingga mengganggu jalannya debat. 
" Aturan debat yang sudah disepakati, adalah tidak membuat gaduh atau bersuara keras atau nyeletuk , saat sesi debat. Pendukung hanya boleh yel saat jeda, namun ternyata ada yang tetap nyeletuk saat debat sehingga terjadi salin teriak. Moderator tidak tegas sehingga menjadi semakin gaduh dan ricuh ", jelas Ketua Bawaslu Batang Mabrur . 

Awalnya, massa terlihat hanya saling menyemangati paslon, tetapi suasana segera menjadi gaduh, dan moderator tidak dapat mengendalikan keadaan.

Ketua KPU Batang Susanto Walujo, menjelaskan debat berjalan lancar dan aman. Diakui massa pendukung saling teriak ,saat sesi debat . 

" Secara keseluruhan debat berlangsung aman dan lancar, terjadi sedikit kegaduhan karena tidak mematuhi kesepakatan yang sudah ditentukan, " jelas Ketua KPU Batang Susanto Waluyo. 

Pihak KPU mengklaim kericuhan tersebut di luar tanggung jawabnya.

Debat berlangsung dalam empat segmen. Pasangan Fauzi Fallas - Ahmad Ridwan, nomor urut satu, menyampaikan visi misi. Paslon ini diusung oleh tujuh partai: PKB, PDI P, PAN, NasDem, Demokrat, Hanura, dan Gelora, menjelaskan berbagai program jika terpilih sebagai bupati dan wakil bupati.

Pasangan M Faiz Kurniawan - Suyono, nomor urut dua, diusung oleh Partai Golkar, PPP, dan PKS, juga menyampaikan visi misi dan rincian program mereka.

" Kami menyampaikan visi misi dan menjelaskan kepada masyarakat juga peserta debat. Saya tidak tahu persis ada kegaduhan. Saya sangat menyayangkan hal ini terjadi, kedepan KPU Batang harus bisa menjamin keamanan dan kenyamanan saat debat," jelas Fauzi Fallas didampingi Ahmad Ridwan, pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 1

M Faiz Kurniawan, calon bupati nomor urut 2 menyebutkan juga tidak begitu tahu kejadian kericuhan. " Saya berada di atas panggung dan agak jauh sehingga tidak melihat dengan jelas. Namun kami juga prihatin terhadap kegaduhan saat debat tersebut, " jelasnya

Kericuhan mereda setelah petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP memisahkan salah satu pasangan calon dan pendukungnya untuk meninggalkan lokasi.

Editor : Suryo Sukarno

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut