get app
inews
Aa Read Next : Hindari 7 Minuman ini agar Tehindar dari Kolesterol Jahat

Hati-hati! Ini Empat Jenis Minuman Dapat Merusak Ginjal

Selasa, 15 Maret 2022 | 07:25 WIB
header img
ilustrasi

Minuman yang kita konsumsi tanpa disadari dapat merusak ginjal serta memberikan dampak buruk terhadap kesehatan kita, seperti jenis minuman berikut ini.

Ginjal pada manusia mempunyai peran yang sangat vital untuk kesehatan tubuh, organ ini membantu memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, mendetoksifikasi organ internal, menghilangkan kelebihan air, hingga mengontrol kadar semua mineral penting yang terkandung dalam darah. 

Berikut empat jenis minuman yang dapat merusak fungsi ginjal. Berikut ulasannya diolah dari berbagai sumber 

1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak bahan-bahan kimia yang memberi tekanan lebih pada fungsi organ ginjal. Menurut studi dari Tehran Lipid and Glucose menemukan, bahwa orang yang mengonsumsi minuman soda memiliki risiko menderita penyakit ginjal kronis yang lebih besar.


2. Minuman Beralkohol

Mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan masalah kesehatan organ lain tidak hanya ginjal. Dengan meminumnya secara berlebihan akan berdampak negatif pada fungsi ginjal yang menyebabkan gagal ginjal.

3. Kafein

Kafein terdapat dalam minuman kopi dan teh. Jika Anda terlalu berlebihan mengonsumsi minuman berkafein bisa menimbulkan penyakit ginjal kronis ditambah juga batu ginjal. Oleh karena itu Anda lebih baik mengonsumsi kafein sewajarnya saja, jangan dijadikan kebiasaan.

4. Minuman Kemasan

Minuman kemasan ini mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga dapat merusak dan mengganggu fungsi ginjal. Orang yang rutin minum-minuman manis akan memiliki risiko penyakit ginjal, dibanding mereka yang tidak menyukai minuman manis.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut