get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Daun Pepaya Jepang yang Sering Dilupakan  

Bagaimana Cara Aman Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang?

Senin, 21 Maret 2022 | 12:05 WIB
header img
Cara Aman Mengonsumsi Daun Pepaya Jepang

Bagi yang ingin tetap mendapatkan manfaat dari daun yang bernutrisi tinggi ini, Berikut cara aman untuk mengonsumsinya?”

Daun pepaya jepang punya khasiat yang baik sekaligus efek samping yang berbahaya untuk kesehatan. 

Tenang dan jangan khawatir, laporan ilmiah saat ini menyebutkan bahwa satu-satunya bahaya dari daun pepaya jepang berasal dari kandungan senyawa beracun di dalamnya. 

Jadi kalau senyawa tersebut bisa dinetralkan, maka kita bisa dengan leluasa mengonsumsi sayuran ini. Bagaimana cara menetralkan HCN di dalam daun chaya atau pepaya jepang ini?

Dikutip dari Deherba.com, berbagai penelitian membuktikan bahwa kadar HCN dapat dengan mudah dikurangi hingga batas aman jika daun chaya dimasak atau direbus dalam air. 

Laporan ilmiah dari Ross-Ibara & Molina-Cruz yang dimuat pada jurnal Economic Botany menuliskan waktu memasak atau merebus yang dibutuhkan adalah sekitar 15 menit.

Sebenarnya cara pengolahan seperti itu sudah dilakukan oleh masyarakat di daerah asalnya (Meksiko). Mereka biasa merendam dan mendidihkan daun chaya selama 20 menit, kemudian menyajikannya dengan minyak atau mentega. Selain daunnya, kuah atau kaldu dari daun ini juga aman dikonsumsi setelah dimasak.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut