get app
inews
Aa Read Next : Selain Lancarkan Pencernaan, Berikut 5 Manfaat Air Kelapa

Manfaat Daun Pepaya Jepang yang Sering Dilupakan  

Senin, 21 Maret 2022 | 14:40 WIB
header img
Manfaat Daun Pepaya Jepang yang Sering Dilupakan (Foto: Pinterest)

Bunda, selain rasanya yang enak daun pepaya jepang ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan yeng perlu diketahui. 

Daun pepaya jepang merupakan bagian daun dari tanaman perdu (semak-semak) yang memiliki nama latin Cnidoscolus aconitifolius (dulunya bernama Cnidoscolus chayamansa). 

Tanaman perdu ini berasal dari Semenanjung Yucatán di Meksiko, Amerika Utara, dan di sana dikenal dengan nama “chaya”.

Tanaman chaya dianggap sangat berharga oleh masyarakat pedesaan dan digunakan untuk makanan, tanaman obat, serta untuk tanaman hias. Chaya telah dikonsumsi oleh orang-orang dari suku Maya sejak zaman pra-Columbus dan hingga kini masih terus dikonsumsi oleh masyarakat modern, tanaman chaya masuk ke Indonesia di tahun 1998.

Masyarakat menyebutnya sebagai “pepaya” karena bentuk dan tekstur daunnya mirip dengan daun pepaya. Cara mengolah daun chaya juga mirip dengan daun pepaya. Namun tidak diketahui kenapa masyakarat menyebutnya sebagai “pepaya jepang”. Tapi yang pasti daun pepaya jepang berasal dari Meksiko, bukan dari Jepang.

Manfaat Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan

Daun pepaya jepang diyakini punya khasiat untuk kesehatan. Dari segi nutrisi, daun ini memang cukup tinggi nutrisinya.

Bahkan bila dibandingkan dengan bayam, daun ini jauh lebih bernutrisi: 78% lebih banyak protein, 111% lebih banyak serat, 100% lebih banyak zat besi, dan 242% lebih banyak vitamin C. Melihat kandungan nutrisinya yang tinggi, daun ini pastilah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Berikut adalah beberapa khasiat daun pepaya jepang untuk kesehatan yang berasal dari kandungan nutrisinya.

1. Melancarkan Pencernaan

Disebutkan bahwa serat dalam daun chaya 111% lebih banyak daripada daun bayam. Serat dari sayuran akan menambah berat dan ukuran feses serta melembutkannya. 

Feses yang besar lebih mudah dikeluarkan, sehingga mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, jika ada masalah feses yang encer dan lembek, serat akan membantu memadatkannya dengan menyerap air lalu menambahkannya ke feses.

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan yang satu ini berasal dari kandungan tinggi vitamin C di dalamnya (165 – 205 mg / 100 g). Vitamin C merupakan antioksidan kuat yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan kadar antioksidan di dalam darah dan merangsang produksi sel-sel darah putih. Hal ini akan membantu mengurangi risiko penyakit biasa maupun penyakit kronis.

3. Melindungi Kesehatan Mata

Manfaat daun pepaya jepang untuk kesehatan yang satu ini berasal dari kandungan tinggi vitamin A di dalamnya. Dalam 100 g daun chaya, terdapat 1.357 IU vitamin A yang memenuhi sekitar 27% dari kebutuhan vitamin A harian. 

Kita tentu sudah tahu bahwa vitamin A sangat penting untuk penglihatan dan kesehatan mata. Konsumsi vitamin A yang cukup juga dapat membantu mencegah penyakit mata, misalnya penyakit degenerasi makula yang adalah penyebab utama kebutaan pada lansia.

4. Menambah Darah & Mencegah Anemia

Daun bayam terkenal sebagai sayuran penambah darah dan pencegah anemia karena mengandung banyak zat besi. 

Tapi ternyata daun chaya punya kandungan zat besi 100% (atau dua kali) lebih banyak daripada daun bayam. Artinya kita bisa mendapatkan manfaat penambah darah dan pencegah anemia yang lebih besar jika mengonsumsi daun chaya ini.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot

Protein sangat penting untuk membangun otot. Karena itu kita harus mengonsumsi cukup protein untuk menjaga massa dan kekuatan otot. Dan jika ingin menambah massa otot, maka perlu lebih banyak mengonsumsi protein. 

Daun chaya mengandung protein cukup besar yang membantu memenuhi kebutuhan protein bagi otot-otot. Dalam 100 gram daun ini terdapat 6,2 – 7,4 gram protein yang memenuhi 12 – 15 % dari kebutuhan protein harian.

6. Memperkuat Kesehatan Tulang

Daun chaya mengandung kalsium sebesar 200 – 330 mg / 100 g, memenuhi sekitar 20 – 33 % kebutuhan kalsium harian dan lebih banyak daripada yang dimiliki jenis-jenis sayuran lainnya. Kalsium adalah nutrisi penting untuk membangun tulang-tulang yang kuat. Kalsium juga dibutuhkan oleh jantung, otot-otot, dan saraf-saraf tubuh agar bisa berfungsi dengan baik.

7. Mengurangi risiko hipertensi

Daun pepaya Jepang untuk darah tinggi ternyata berasal dari kandungan vitamin C. Vitamin C terbukti bekerja mengurangi tekanan darah. 

Sebab, vitamin C bekerja sebagai diuretik, yakni mengurangi kadar natrium melalui urine. Jadi, ini berpotensi mengurangi tekanan darah.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut