get app
inews
Aa Read Next : Manfaat Daun Pepaya Jepang yang Sering Dilupakan  

Bunda Wajib Tahu, Efek Samping Konsumsi Daun Pepaya Jepang bagi Kesehatan

Senin, 21 Maret 2022 | 13:25 WIB
header img
Bunda Wajib Tahu, Efek Samping Konsumsi Daun Pepaya Jepang bagi Kesehatan

Selain kaya kandungan nutrisinya, daun pepaya jepang juga memiliki kandungan senyawa berbahaya yaitu glikosida sianogenik.

Glikosida sianogenik (cyanogenic glycoside) adalah senyawa yang dapat mengeluarkan racun hidrogen sianida (hydrogen cyanide, disingkat HCN). Dari kandungan senyawa inilah muncul bahaya atau efek samping daun pepaya jepang yang dikhawatirkan orang-orang. 

Berikut ini efek samping yang bisa ditimbulkan oleh racun HCN bagi tubuh dikutip dari Deherba.com

Efek Akibat Keracunan HCN

Lembaga The National Institute for Occupational Safety and Health (NIOSH) menjelaskan bahwa HCN dapat mengganggu proses normal penggunaan oksigen pada hampir setiap organ tubuh. 

Paparan terhadap HCN bisa berakibat fatal secara cepat. Efeknya bisa ke seluruh tubuh (sistemik), terutama pada sistem organ yang paling sensitif dengan kondisi kekurangan oksigen: sistem saraf pusat (otak), sistem kardiovaskular (jantung & pembuluh darah), dan sistem paru (paru-paru).

Tanda-tanda awal dari keracunan HCN antara lain: kepala pusing, napas jadi cepat, mual, muntah, rasa sesak di leher dan sesak napas, gelisah, dan cemas. Keracunan yang parah akan mengakibatkan gejala yang lebih serius seperti pingsan, koma, kejang otot (kepala, leher, dan punggung melengkung ke belakang), kejang-kejang, pupil mata tidak bergerak dan melebar, hingga kematian.

Melihat penjelasan di atas, kita pasti setuju bahwa efek-efek keracunannya cukup menakutkan bahkan bisa fatal. Namun efek tersebut baru akan terjadi apabila HCN dikonsumsi dalam dosis tertentu dan bergantung juga pada reaksi tubuh setiap orang. 

Menurut WHO Food Additives Series 30, dosis oral akut yang mematikan dari HCN yang dilaporkan pada manusia yaitu 0,5 – 3,5 mg/kg berat badan.

Katakanlah seseorang memiliki berat badan 60 kg, itu artinya dia sedikitnya harus mengonsumsi 30 mg HCN sebelum mengalami efek-efek keracunan seperti di atas. 

Menurut laporan dari Ross-Ibarra & Molina-Cruz, dalam 100 gram daun chaya yang segar/mentah terdapat HCN kisaran 27 – 42 mg. Maka dalam kondisi segar/mentah, 100 gram daun pepaya jepang saja sudah bisa berbahaya bagi orang yang berat badannya 60 kg.

Jadi mengonsumsi daun pepaya jepang yang masih segar/mentah, apalagi dalam jumlah banyak, dapat menimbulkan efek samping berbahaya. Efek samping itu akan lebih bahaya lagi jika daun pepaya jepang dikonsumsi oleh anak-anak dan orang-orang yang kekurangan protein. Mereka yang kekurangan protein tubuhnya kurang mampu untuk mendetoksifikasi HCN.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut