get app
inews
Aa Read Next : Ampuh! Cara Obati Flu pada Bayi Dengan Bahan Dapur ini

Jangan Sepelekan Tanaman Obat Herbal, Ini Daftar Lengkap Khasiatnya

Selasa, 22 Maret 2022 | 10:15 WIB
header img
Ini Daftar Lengkap Tanaman Obat Herbal dan Khasiatnya (Foto: Instagram)

Jangan kesampingkan, jika tanaman obat berikut tumbuh di kebun Anda maka tidak perlu khawatir lagi dengan sakit yang diderita. 

Obat-obatan alami sudah dipercaya ribuan tahun yang lalu oleh nenek moyang kita mampu mengobati berbagai macam penyakit,  oleh sebab itu sudah sepaturtnya tidak ketergantungan mengonsumsi obat-obatan kimia yang dipercaya memiliki efek samping yang lebih tinggi

Berikut daftar gambar tanaman obat dan khasiatnya yang bisa Anda tanam di rumah, dikutip dari berbagai sumber:

1. Brotowali
Brotowali adalah salah satu tanaman yang terkenal sebagai obat tradisional. Tanaman yang memiliki nama Ilmiah Tinospora crispa ini tumbuh liar di hutan. Daunnya berwarna hijau berbentuk jantung, batangnya membelit, berbintil-bintil dan berasa pahit.

Kandungan: Alkaloid, pati, berberin, zat pahit pikroterin dan kolumbin.

Khasiat: Reumtaik, hepatitis, gangguan liver, demam, membersihkan luka, penambah nafsu makan, menurunkan kadar gula dalam darah (diabetes), rematik, malaria, dan lain-lain.

2. Cabe Jawa / Cabe Jamu

Tanaman yang memiliki nama Ilmiah Piper retrofractum ini merupakan tanaman yang masih satu keluarga dengan sirih. Cabe jawa atau dikenal pula dengan nama cabe jamu sering dimanfaatkan buahnya untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Kandungan: Zat pedas piperin, metil piperat, piplartin, piperloguminine, damar, minyak atsiri dan lain sebagainya.

Khasiat: Mengobati encok, tekanan darah rendah, sakit kepala, demam, batuk, sakit gigi, lemah syahwat, meluruhkan keringat, hidung berlendir, dan menambah nafsu makan. Akarnya digunakan karena bersifat diuretik, juga dapat meluruhkan haid, membersihkan rahim setelah melahirkan, mengobati kejang perut, rematik, nyeri pinggang, sakit gigi, mengatasi ganggung pencernaan, dan stroke.

3. Akar Wangi (Vetiver) 
Akar wangi atau dikenal juga dengan nama vetiver adalah tanaman sejenis rumput yang berasal dari India. Sesuai namanya, akar dari tanaman menghasilkan aroma yang wangi. Aromanya yang khas disukai manusia namun lain halnya bagi hewan, sehingga akarnya biasanya dikeringkan dan diletakkan di lemari pakaian sebagai pengharum, sekaligus mencegah keberadaan serangga perusak.

Kandungan: Minyak atsiri, asetat vetvenyl, vetiverol dll.

Khasiat: Mengusir serangga, mengobati rematik, encok, pegal linu, luka bekas gigitan ular, dan meredakan bau mulut.

4. Alang-Alang
Alang-alang (Imperata cylindrica) biasanya banyak tumbuh liar di lahan luas. Tahukah Anda? Tanaman yang dianggap gulma ini nyatanya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan manusia. Selain sebagai tanaman obat, daun alang-alang juga dapat digunakan sebagai bahan bangunan (atap rumah dsb).

Kandungan: Fernenol, kampesterol, skopolotin, katekol, asam oksalat, silindrin dll.

Khasiat: Menurunkan tekanan darah tinggi, sebagai piretik, mengobati demam, dan sebagai diuretik (meluruhkan kencing).

5. Cakar Ayam
Cakar ayam atau dikenal juga dengan nama ande-ande lumut merupakan tanaman hias sekaligus tanaman obat. Daunnya unik menyerupai cakar ayam.

Kandungan: Saponin, polifenol, antrakinon, flavonoida.

Khasiat: Mengobati kanker dan tumor, serta berbagai penyakit lain seperti hepatitis, batuk, radang paru-paru, tulang patah, diare, infeksi pernapasan, menghentikan pendarahan, mengatasi bengkak, mengatasi panas dalam, dan memperlancar aliran darah.

6. Cocor Bebek (Miracle Leaf)

Cocor bebek adalah tanaman sukulen yang kerap digunakan sebagai tanaman obat di Indonesia. Daun cocor bebek memiliki tekstur yang tebal dan berair. Selain sebagai tanaman obat, cocor bebek juga bisa untuk tanaman hias.

Kandungan: zat asam apel, zat asam lemon, saponin, flavonoida, tanin.

Khasiat: Mengobati sakit kepala, batuk, penyakit kulit seperti borok atau bisul, melancarkan air seni, demam, haid yang tidak teratur, obat luka luar.

7. Daun Katuk
Daun katuk (Sauropus androgynus) merupakan salah satu jenis sayur yang juga memiliki khasiat dalam menyembuhkan penyakit. Daunnya berbentuk lonjong, pangkalnya membulat, ujungnya tidak runcing, tepinya datar, tulang-tulang daunnya menyirip, permukaannya licin dan tumbuh tunggal berselang seling.

Kandungan: Polifenol, sterdoid, protein, pro-vitamin A, B, dan C. Juga kaya akan kalsium, magnesium, fosfor dan besi.

Khasiat: Memperlancar ASI (Air Susu Ibu), mengobati suara parau, demam, lepra.

8. Gandarusa / Gondoruso
Gandarusa/gondoruso/daun rusa/kisi-kisi merupakan salah satu tanaman obat yang biasa dijumpai sebagai pagar hidup atau tumbuh liar di pekarangan rumah.

Gandarusa sudah terkenal sejak dulu dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Sebuah uji klinis sedang dilakukan di Indonesia terhadap pemanfaatan gandarusa sebagai obat pil KB untuk pria.

Kandungan: Saponin, alkaloida, flavonoida, tanin, polifenol dan minyak atsiri.

Khasiat: Pegal linu, penurun demam, patah tulang, memar, bisul, sakit kepala, sakit mata, asma, rematik, melancarkan peredaran darah, juga berpotensi sebagai pil KB pada pria (birth control pill) di masa yang akan datang (penelitian masih berlangsung).

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut