get app
inews
Aa Read Next : Hindari Serangan Stroke, Simak Tanda Kolesterol Meningkat yang Wajib Kita Tahu

4 Daun ini Efektif Turunkan Kolestrol dan Darah Tinggi, Bisa Ditanam di Halaman Rumah

Senin, 01 Agustus 2022 | 05:48 WIB
header img
4 Daun ini Efektif Turunkan Kolestrol dan Darah Tinggi, Bisa Ditanam di Halaman Rumah (Foto: Freepik)

MENERAPKAN gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat merupakan salah satu cara yang terbukti menurunkan kolesterol tinggi. Hal yang sama juga berlaku untuk darah tinggi. Berbagai masalah kesehatan serius bisa terjadi jika kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh tidak dikelola dengan baik.

Dan tahukah Anda bahwa di sekitar kita ada beberapa tanaman yang daunnya bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolestrol dan darah tinggi. Anda juga bisa menanamnya di halaman rumah Anda.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daun penurun kolesterol dan darah tinggi:

1. Daun Sirih

Penelitian telah menemukan bahwa daun sirih membantu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan kolesterol very low-density lipoprotein (VLDL). Selain itu, juga membantu meningkatkan kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL).

Efek penurun lipid seperti daun sirih dikaitkan dengan adanya eugenol, antioksidan alami yang menetralkan radikal bebas. Eugenol menghambat biosintesis kolesterol di hati dan mengurangi penyerapan lipid di usus. Lebih lanjut meningkatkan katabolisme kolesterol LDL. 

2. Daun Kemangi

Daun kemangi mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Eugenol dalam daun kemangi bisa memblokir saluran kalsium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Minyak esensial dalam kemangi juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut