get app
inews
Aa Read Next : Kota Pekalongan akan Tambah Dua Hotel Berbintang

Doa Mengusir Rasa Galau agar Hati Jadi Tenang dan Damai

Jum'at, 25 Maret 2022 | 08:43 WIB
header img
Doa dikala galau melanda (Foto: Freepic)

Ada beragam cara untuk mengusir perasaan galau dan sedih yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu dengan berdoa.  

Hal ini penting untuk diperhatikan, sebab rasa sedih yang dibiarkan berlarut-larut bisa memicu berbagai gangguan kesehatan. Bahkan perasaan tersebut sering kali membuat seseorang menjadi lebih diam, tidak semangat beraktivitas,

Agar kesedihan yang dirasakan tidak berkepanjangan, ada beberapa cara mengusir sedih yang bisa Anda lakukan salah satunya danjurkan untuk berdoa. Membaca doa sebagaimana riwayat Ibnu Sinni:

أعُوذُ بِكَلِماتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياطِينِ وأنْ يَحْضُرُونِ‏

A'udzu bi kalimatillahit tammati min ghadhabihi, wa 'iqabihi, wa syarri 'ibadihi, wa min hamazatis syayathini wa an yahdhurun.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir."

Dikutip dari nu.or.id, doa ini dapat dibaca ketika galau dan risau serta cemas menyergap di malam hari sehingga tidak bisa tidur. Doa ini pernah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam kepada sahabat Al Walid Ibnul Walid:

روينا في كتاب ابن السني، عن الوليد بن الوليد رضي اللّه عنه أنه قال‏:‏ يارسول اللّه‏!‏ إني أجدُ وحشةً، قال‏:‏‏"‏إذَا أخَذْتَ مَضْجَعَكَ فَقُلْ‏:‏ أعُوذُ بِكَلِماتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياطِينِ وأنْ يَحْضُرُونِ‏.‏ فإنَّها لا تَضُرُّكَ أوْ لا تَقْرَبُكَ‏"

Artinya: "Diriwayatkan kepada kami di kitab Ibnu Sinni dari Al Walid Ibnul Walid radhiyallahu anhu, ia berkata, 'Wahai Rasulullah, saya merasa gelisah.' 'Bila kau naik ke tempat tidur, hendaklah berdoa, 'A'udzu bi kalimatillahit tammati min ghadhabihi, wa 'iqabihi, wa syarri 'ibadihi, wa min hamazatis syayathini wa an yahdhurun.' Niscaya ia tidak membahayakanmu atau tidak mendekatimu'." (HR Ibnu Sinni)


Adapun berikut ini lafal doa yang juga dapat dibaca ketika seseorang sedang cemas. Doa ini diriwayatkan oleh Imam At-Thabarani.

سُبْحَانَ المَلِكِ القُدُّوْسِ رَبِّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ جَلَّلْتَ السَّمَوَاتِ وَ الأرْضَ بالعِزَّةِ والجبَرُوتِ

Subhanal malikil quddus, rabbil mala'ikati war ruh, jallaltas samawati wal ardha bil 'izzati wal jabarut.

Artinya: "Mahasuci Tuhan yang Kudus, Tuhan para malaikat dan Jibril. Kau besarkan langit dan bumi dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu."
Doa ini dikutip oleh Imam Ibnu Qayyim Al Jauziyyah dalam karyanya yang membahas doa, Al Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, [Kairo, Darur Rayyan lit Turats: 1987 M/1408 H], cetakan pertama, halaman 225).

عن البراء بن عازب أن رجلا اشتكى إلى رسول الله - صلى الله عليه وسلم - الوحشة، فقال قل : سُبْحَانَ المَلِكِ القُدُّوْسِ رَبِّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ جَلَّلْتَ السَّمَوَاتِ وَ الأرْضَ بالعِزَّةِ والجبَرُوتِ، فقالها الرجل فذهب عنه الوحشة

Artinya: "Dari Al-Barra bin Azib bahwa seseorang mengadu kepada Rasululah Shallallahu alaihi wassallam perihal kerisauannya. Rasulullah memerintahkan, 'Bacalah, 'Subhanal malikil quddus, rabbil mala'ikati war ruh, jallaltas samawati wal ardha bil ‘izzati wal jabarut.' Orang itu kemudian mematuhinya sehingga kerisauan itu pergi'."

Kedua doa tersebut dapat dibaca ketika seseorang dirundung galau dan risau berat sehingga kadang tidak tahu harus berbuat apa karena sangat cemas. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bissawab.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut