get app
inews
Aa Read Next : Terbang ke Tanah Suci Mulai 12 Mei, Begini Skema Perjalanan Haji Indonesia 2024

Jangan Panik! Begini Cara Tangani Overheat pada Mesin Mobil Anda 

Jum'at, 25 Maret 2022 | 13:33 WIB
header img
Jangan Panik! Begini Cara Tangani Overheat pada Mesin Mobil Anda  (Foto: Freepic)

Jika saat berkendara tiba-tiba mesin mobil Anda overheat jangan langsung panik, simak penanganannya berikut ini.

Bagi sebagian orang mungkin pernah mengalami mesin kepanasan atau overheat pada mobil, keadaan ini merupakan hal yang sering terjadi tapi kalau tidak waspada  bisa  berbahaya. Pasalnya, bila mesin dipaksa beroperasi pada suhu yang terlalu tinggi, maka akan terjadi kerusakan dari ringan sampai berat dimana mesin bisa-bisa perlu diganti.

Berbagai penyebab dapat mengakibatkan overheat pada mesin mobil seperti, sistem pendingin yang mengalami kebocoran, kipas radiator mati, thersmostat yang rusak, radiator tersumbat, air radiator yang salah, hingga mesin kurang oli.

Berikut ini cara menangani mobil overheat, seperti dilansir dari Auto2000:

1. Kerusakan Radiator

Seperti yang diketahui, fungsi radiator pada mobil yakni menjaga agar suhu mobil tetap stabil. Saat radiator mengalami masalah, maka mesin mobil juga turut bermasalah.

Permasalahan lain yang dialami radiator hingga menjadi penyebab mesin mobil cepat panas di antaranya adalah bocornya selang air radiator mobil, penggunaan cairan radiator yang tidak tepat dan sirkulasi air radiator yang tidak lancar.

Untuk mencegah mesin cepat panas, sebaiknya gunakan cairan khusus radiator seperti cooler dan jangan lupa untuk menggantinya setiap mobil mencapai 20.000 kilometer.

2. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai Standar

Oli dengan kualitas yang buruk akan cenderung tidak tahan panas, sehingga cepat menguap. Ini menyebabkan mesin mobil mengalami gesekan yang kuat dan menyebabkan kondisi mesin mobil kepanasan.

Bila dibiarkan mobil akan mengalami kerusakan parah. Oleh karena itu, harus waspada ketika ada yang menawarkan oli dengan harga murah. Belilah oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil yang sudah sesuai dengan spesifikasi.

3. Tidak Berfungsinya Thermostat

Fungsi thermostat adalah untuk bekerja sama dengan radiator dalam mengukur suhu mobil. Bisa dikatakan bahwa thermostat adalah otak radiator.

Saat suhu rendah, thermostat mengatur agar air tidak meninggalkan radiator. Sedangkan saat suhu tinggi, thermostat memerintahkan agar air masuk ke dalam mesin.

Saat thermostat terganggu, maka tidak ada lagi yang mengatur masuk-keluarnya air dari radiator ke mesin. Dampaknya, mesin mobil akan cepat panas.

4. Kipas Pendingin Tidak Berfungsi

Kipas pendingin berfungsi untuk menyedot udara dingin dari luar. Ketika kipas ini rusak, udara luar yang dingin tidak bisa memasuki mesin mobil, sehingga mesin akan lebih mudah panas.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kipas pendingin tidak berfungsi normal. Pertama adalah dinamo yang menggerakan kipas tersebut, kemudian pemasangan kipas yang terbalik, sehingga membuatnya menyedot udara panas.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut