get app
inews
Aa Read Next : Update Info Haji 2024: Jamaah Haji Indonesia Kloter Pertama Tiba di Bandara Madinah

Simak Fungsi dan Komponen Penting Mobil yang Harus Anda Ketahui 

Sabtu, 26 Maret 2022 | 07:57 WIB
header img
Fungsi komponen penting mobil yang harus Anda ketahui (foto: Freepic)

Sebagai pengendara, Anda dituntut untuk tidak hanya memahami bagaimana mengendarai mobil, namun juga mengerti fungsi-fungsi dari berbagai komponen penting mobil.

Lalu, komponen-komponen penting apa saja yang wajib  diketahui yang eksistensinya dianggap paling penting dan paling pantang rusak. Dirangkum dari berbagai sumber 

1. Ban

Ban adalah komponen penting pertama yang terdapat pada mobil selaku penghubung langsung antara mobil dengan jalan raya. Umumnya terbuat dari karet, ada beragam jenis ban yang bisa dipilih pengemudi untuk menyesuaikan dengan keadaan jalan dan gaya berkendara.

2. Aki

Selain ban, aki juga menjadi komponen terpenting dalam mobil karena fungsinya sebagai pusat tenaga listrik. Tanpa aliran listrik, mesin mobil tak akan bisa hidup; apalagi di mobil-mobil modern yang fiturnya semakin canggih.

3. Alternator

Selain aki, aliran listrik pada mobil juga diatur oleh alternator. Berfungsi untuk mengisi muatan listrik pada aki, komponen yang satu ini diketahui tak punya teknik perawatan khusus.

4. Radiator

Radiator adalah sistem pendingin cair yang berfungsi untuk mengatur temperatur mesin mobil agar tak terlalu ekstrem. Bekerja di seputar pembakaran dan gesekan logam yang menciptakan panas, radiator menjadi satu komponen yang bertugas menjaga stabilitas fungsi mesin.

5. Transmisi

Setelah mesin bergerak, pengendara harus memindah tuas transmisi agar mobil bisa berjalan. Sistem ini bekerja dengan meneruskan putaran mesin ke bagian poros roda dan mengatur ukuran roda gigi yang digunakan tergantung keadaan jalan.

6. Rem

Selain soal berjalan yang diatur transmisi, mobil juga perlu sistem berhenti yang diatur oleh rem. Dengan rem, pengemudi bisa menurunkan kecepatan mobil dengan mudah tanpa perlu mengandalkan waktu, resistensi udara, dan gravitasi semata.

7. Setir

Juga disebut kemudi, setir adalah penghubung utama antara pengendara dengan mobil. Tertera dari namanya, setir jelas digunakan untuk menyetir alias mengendalikan arah laju mobil.

8. Suspensi

Suspensi adalah komponen yang digunakan untuk meminimalisir guncangan pada badan mobil. Diciptakan untuk menjaga kenyamanan berkendara, suspensi biasanya bekerja bersamaan dengan sistem peredam kejut.

9. Modul Kontrol

Sering disebut Electronic Control Unit alias ECU, modul kontrol ini berfungsi sebagai otak dari seuah mobil yang menerima dan mengolah data bahan bakar, kondisi mesin, dan masih banyak lagi untuk. Komponen ini bisa diibaratkan seperti prosesor di dalam komputer.

10. Injektor Bahan Bakar

Supaya bisa bergerak, mobil membutuhkan bahan bakar. Di sini lah injektor bahan bakar bekerja; setelah bensin mengalir dari tangka ke filter dan masuk fuel rails, injektor akan mencapurkan bahan bakar dengan udara demi terciptanya pembakaran sempurna.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut