get app
inews
Aa Read Next : Harga Telur Ayam Menggila di Sejumlah Daerah, Paling Tinggi Di mana?

Bisa Tambah Energi saat Berpuasa, Simak Inspirasi Menu Sahur yang bisa Anda Coba 

Kamis, 07 April 2022 | 03:16 WIB
header img
Daging ayam rekomendasi menu sahur yang kaya energi (foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang berpuasa, sangat penting untuk mendapatkan asupan yang sehat dan bergizi di waktu sahur dan berbuka, berikut menu yang bisa Anda coba.

Memilih menu sahur untuk sehari-hari menjadi hal penting. Anda harus menyiapkan menu sahur yang memiliki banyak kandungan nutrisi. 

Hal ini agar puasa pada Ramadan tidak hanya mendapatkan pahala ibadah, tetapi juga manfaat yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Lantas, makanan seperti apa sih yang cocok untuk sahur? Berikut daftarnya seperti dirangkum dari Food NDTV, Rabu (6/4/2022).

1. Telur 

Makanan yang cocok dan bagus untuk sahur di urutan pertama yakni telur. Seperti kita tahu, telur mengandung protein dan kaya vitamin dan nutrisi. Oleh karena itu, mengonsumsi telur akan membuat Anda merasa kenyang. Selain itu, telur juga mudah diolah menjadi berbagai hidangan sehat yang lezat. Misalnya, ditumis, direbus, maupun dijadikan omelet dan dicampurkan dengan berbagai jenis sayuran.

2. Daging ikan atau ayam 

Di urutan selanjutnya ada ikan atau ayam yang bisa Anda jadikan lauk sahur. Ikan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas. Usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena dapat menyebabkan kembung. Selain itu, ayam juga memiliki nutrisi penghasil energi yang cocok dijadikan menu sahur agar Anda kuat berpuasa seharian.

3. Buah dan sayuran 

Makanan yang cocok dan tentunya sehat untuk sahur di urutan terakhir adalah buah-buahan dan sayur-sayuran. Makanan ini kaya akan mineral dan vitamin yang membantu Anda merasa berenergi. Selain itu, Anda juga perlu makan buah dan sayuran yang akan membantu mereka tetap terhidrasi.  Beberapa contoh yang bisa Anda olah untuk sahur adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, mentimun, selada, bayam, dan seledri. Anda dapat membuat salad yang akan menyatukan beberapa buah dan sayuran. Dengan ini, Anda dapat menikmati manfaat sehat sekaligus di waktu sahur. 

4. Oatmeal 

Oatmeal juga menjadi makanan yang cocok untuk sahur. Anda yang sedang berdiet bisa mencoba mengganti nasi putih dengan oatmeal. Sebab, oatmeal kaya akan protein dan karbohidrat yang akan memberikan Anda banyak energi untuk berpuasa. Anda bisa membuat smoothie oatmeal yang mengandung pisang dan susu atau buat sesuai selera Anda. 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut