get app
inews
Aa Read Next : Tiga Peninggalan Peradaban Islam di Spanyol, Nomor 3 Situs Warisan Dunia

Catat! Ini Dia 5 Peristiwa Penting dalam Islam yang Terjadi di Bulan Ramadhan

Jum'at, 15 April 2022 | 07:17 WIB
header img
Peristiwa penting sejarah Islam yang harus kita ketahui (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Di bulan Ramadhan terdapat berbagai peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam yang harus kita ketahui.

Berikut lima peristiwa penting dalam Islam yang terjadi pada bulan Ramadhan:

1. Perang Badar

Peristiwa penting yang terjadi di bulan Ramadhan pertama adalah perang Badar. Perang ini terjadi pada hari Jumat 17 Ramadhan tahun 2 Hijriah.

Perang badar ini berlokasi di lembah Badar dan merupakan perang pertama kali yang dilakukan kaum Muslim melawan kafir Quraisy. Penyebab perang badar adalah umat Islam diusir dari Mekkah hingga ditindas oleh kaum Kafir Quraisy.

Dalam peristiwa itu, kaum Muslim hanya berjumlah sekitar 300 orang dan melawan 1000 orang kaum Quraisy, kaum Muslim meninggal 14 orang dan kaum Quraisy meninggal 70 orang. Berkat izin Allah SWT, kaum Muslim memperoleh kemenangan.

2. Diturunkannya Al-Quran

Sejarah bulan Ramadhan juga menjadi waktu diturunkannya Al Quran pada 17 Ramadhan. Peristiwa ini ditandai dengan Rasulullah SAW menerima wahyu pertama kali surah Al Alaq 1 sampai 5.

Imam Ahmad bin Hanbal rahimahullah meriwayatkan dari Watsilah bin Al Aqsa, Rasulullah SAW bersabda “Shuhuf Ibrahim diturunkan awal bulan Ramadhan, Taurat diturunkan malam 6 Ramadhan, Injil diturunkan malam 13 Ramadhan, Zabur diturunkan malam 18 Ramadhan dan Al Quran diturunkan 24 Ramadhan.

Nuzulul Quran diartikan sebagai malam turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril dalam jangka waktu sekitar 23 tahun. Al Quran diturunkan secara berangsur-angsur dari Baitul Izzah di langit dunia langsung kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril

Peristiwa sejarah Islam yang terjadi di bulan Ramadhan ini menjadi pengingat bahwa Al Quran merupakan petunjuk seluruh umat manusia dan dijaga kemurniannya oleh Allah hingga hari kiamat. 

3. Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Malam Lailatul Qadr ini terjadi pada salah satu malam ganjil di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Dalam keistimewaan malam Lailatul Qadar, Allah SWT berfirman dalam Quran surat Al Qadr ayat 1-5

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Quran) pada malam Qadr. (yaitu)  malam Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu, turun para malaikat dan ruh (Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Sejahteralah malam itu hingga terbit fajar.”

Tanda-tanda malam Lailatul Qadr dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda "Lailatul Qadr adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi harinya matahari bersinar lemah dan tampak kemerah-merahan.” (HR ath-Thoyalisi)

4. Wafatnya Istri Rasulullah SAW, Sayyidah Khadijah

Peristiwa sejarah Islam yang terjadi di bulan Ramadhan selanjutnya adalah wafatnya istri Rasulullah SAW, yakni Sayyidinah Khadijah.

Sayyidah Khadijah meninggal dunia pada 10 Ramadhan. Istri Rasulullah SAW ini merupakan teladan dalam mengurus rumah tangga. Sayyidah Khadijah (Siti Khadijah) adalah perempuan pertama yang masuk Islam, rela mengorbankan harta kekayaannya untuk membela agama Islam,

Rasulullah SAW sangat mencintai Khadijah karena Khadijah adalah istri setia yang selalu ada dalam suka dan duka. Sangat banyak hal yang patut dicontoh dari istri Rasulullah SAW, di antaranya:

-Mandiri finansial, dapat ikut membantu keuangan rumah tangga.

-Setia, tetap di samping suami dalam kondisi apapun.

-Mendukung suami, istri harus mendukung suami dalam hal kebaikan.

-Sukarela membantu keluarga yang membutuhkan.

-Menjadi pendengar yang baik saat suami gelisah.

5. Penaklukan Kota Mekkah 

Penaklukan Mekkah menjadi peristiwa sejarah Islam yang terjadi di bulan Ramadhan, tepatnya tanggal 10 Ramadhan 8 Hijriah. Dalam peristiwa itu, Rasulullah SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Kakbah.

Penyebab utama penaklukan Mekkah adalah datang dari kaum Quraisy sendiri. Sebab, kaum Quraisy mengkhianati perjanjian Hudaibiyah, mereka membantu Bani Bakar menyerang Bani Khuza'ah yang berpihak pada Rasulullah SAW dan kaum muslimin.

Penaklukan Mekkah untuk masuk Islam serta orang-orang muslim yang memegang kendali kekuasaan. Selanjutnya misi dakwah disebarkan ke seluruh dunia ditempuh dalam waktu dua tahun. 

Itulah peristiwa penting dalam Islam yang terjadi di bulan Ramadhan, semoga bisa menambah keimanan kita di bulan suci ini ya!

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut