get app
inews
Aa Read Next : 23 Pasangan Pengantin Ikuti Nikah Maulid

Habib Luthfi Turun ke Jalan Pantau Arus Mudik

Minggu, 01 Mei 2022 | 03:06 WIB
header img
Habib Luthfi bin Yahya memberi semangat para petugas jaga Posko Mudik

PEKALONGAN, iNews – Sekalipun dikenal sebagai salah seorang ulama besar bahkan mursid tarekat kaliber dunia, Habib Luthfi bin Yahya tak segan-segan turun ke jalan, menyambangi petugas posko mudik di Kota Pekalongan. Padahal, agendanya begitu padat. Apalagi selama bulan puasa.

Tokoh ulama panutan warga Pekalongan ini setiap malam harus mengisi pengajian di kediamannya. Belum lagi, tamu-tamu dari berbagai daerah tak henti-hentinya berdatangan. Tetapi, dalam jadwal yang padat itu, sosok yang kini juga menjadi bagian dari Watimpres ini menyediakan waktu untuk bercengkerama dengan petugas posko mudik yang tersebar di lima titik.

Aktivitas ini sudah rutin dijalankannya tiap tahun. Tetapi, tahun ini ada yang tampak berbeda. Terlebih, setelah dua tahun lamanya, lebaran dicekam pandemi. Terasa betul beban petugas posko mudik lebih berat, sebab musim mudik kali ini terjadi lonjakan jumlah pemudik yang melintas Kota Pekalongan.

Melihat keadaan yang demikian, ulama besar kebanggaan warga Kota Pekalongan ini merasa terpanggil untuk turut memantau arus mudik. "Kami terpanggil tiap tahunnya mensyiarkan bagaimana jerih payah para pemudik berusaha berkumpul bersama keluarga saat hari raya. Mereka mengumpulkan gaji dan hasil dagangan mereka hanya untuk berkumpul dengan keluarga. Bagaimana tanggung jawab kita mengamankan perjalanan para pemudik," tutur Habib Luthfi.

Secara pribadi, Habib Luthfi juga menyampaikan sanjungan kepada anggota TNI, Polri, dan petugas lainnya yang rela untuk tidak berkumpul dengan keluarga demi menjaga keamanan dan kenyamanan pemudik. Menurutnya, semangat patriotisme yang demikian perlu disebarluaskan kepada khalayak, agar masyarakat memahami sekecil apa pun sebuah tindakan, apabila itu menyangkut kepentingan bersama sangat berarti bagi keutuhan bangsa.

Dalam kesempatan itu, Habib yang dikenal dengan kelembutan tuturannya itu mengungkapkan, pengorbanan para petugas tidak boleh dipandang remeh. Sebab, risiko yang ditanggung sangat besar, baik kesehatan maupun risiko-risiko lainnya.

“Para tokoh tentu harus memberikan contoh yang baik bagi anggotannya. Mari jaga mudik ini, semoga para pemudik selamat sampai tujuan," ungkap Habib Luthfi di sela-sela kunjungannya di posko-posko mudik Jumat malam (29/4/2022).

Selain Habib Luthfi, tampak pula jajaran Forkopimda dan Walikota Pekalongan, H. Ahmad Afzan Arslan Djunaid. Mereka mendampingi dan ikut serta memberi semangat kepada petugas. Bahkan, Walikota Pekalongan turut mengapresiasi kesediaan Habib Luthfi untuk turut turun ke jalan bersama Pemerintah Kota Pekalongan. Kehadiran mereka di posko-posko mudik juga disambut ramah dan suasana yang hangat.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut