get app
inews
Aa Read Next : Kapal Perang Thailand Tenggelam, 24 Korban Ditemukan Tewas

Thailand Salurkan 1 Juta Tanaman Ganja Gratis Bisa Ditanam untuk Pengobatan

Jum'at, 13 Mei 2022 | 12:59 WIB
header img
Pemerintah thailand bakal salurkan 1 juta tanaman ganja untuk pengobatan (Foto: Okezone)

THAILAND - Menteri Kesehatan Anutin Charnvirakul menyebutkan bahwa pemerintah Thailand akan mendistribusikan satu juta tanaman ganja gratis ke seluruh rumah tangga  pada Juni mendatang untuk menandai aturan baru yang memungkinkan orang menanam ganja di rumah.

Langkah tersebut resmi diumumkan dalam sebuah posting Facebook pada 8 Mei lalu, ketika dia menyatakan niatnya untuk menanam tanaman ganja seperti "tanaman rumah tangga."

Aturan baru yang akan mulai berlaku pada 9 Juni mendatang ini akan memungkinkan orang menanam tanaman ganja di rumah setelah memberi tahu pemerintah daerah mereka, tetapi tanaman itu harus memiliki tingkat medis dan digunakan secara eksklusif untuk tujuan pengobatan. Selain itu, ganja tidak dapat digunakan untuk tujuan komersial tanpa izin lebih lanjut.

Langkah ini merupakan langkah terbaru dalam rencana Thailand untuk mempromosikan ganja sebagai tanaman komersial. Menurut Bank Dunia, sekitar sepertiga dari tenaga kerjanya bekerja di bidang pertanian.

Di wilayah yang terkenal dengan hukuman keras terhadap obat-obatan terlarang, Thailand menjadi negara pertama di Asia Tenggara pada 2018 yang melegalkan ganja untuk penelitian dan penggunaan medis.

Kerajaan juga telah melonggarkan undang-undang lokal seputar ganja. Minuman Thailand dan perusahaan kosmetik tahun lalu bergegas untuk meluncurkan produk dengan rami dan CBD, senyawa yang tidak memberikan pengguna yang tinggi, setelah penggunaannya disetujui untuk barang-barang konsumen.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut