get app
inews
Aa
Read Next : Kapal Perang Thailand Tenggelam, 24 Korban Ditemukan Tewas

Pemerintah Thailand : Bye Bye Pandemi Covid-19

Kamis, 18 Agustus 2022 | 14:06 WIB
header img
Pemerintah Thailand : Bye Bye Pandemi Covid-19 (Foto: IDXChannel)

PEMERINTAH Thailand menyatakan melepas status pandemi covid-19 di negaranya pada 1 Oktober 2022 dan memasukkan covid sebagai penyakit dengan kekhawatiran rendah.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan Masyarakat Thailand Anutin Charnvirakul beberapa hari lalu. 

"Thailand akan mengubah status pandemi Covid-19 dari yang tadinya 'dangerous communicable disease' menjadi 'communicable disease under surveillance," ungkap laporan Bangkok Post, dikutip MNC Portal, Kamis (18/8/2022). 

Alasan yang mendasari perubahan status itu karena Thailand dianggap telah mampu mengendalikan Covid-19, meskipun virus masih menyebar di masyarakat. Di sisi lain, keparahan penyakit sudah bisa diantisipasi dengan baik. 

"Itu sebabkan The National Communicable Disease Committee (NCDC) memutuskan untuk menurunkan status penyakit Covid-19 ke tingkat kekhawatiran rendah per 1 Oktober," kata Menteri Anutin. 

Ia melanjutkan, Thailand tidak pernah kekurangan obat-obatan, pun masyarakat sudah bisa memahami bagaimana hidup berdampingan dengan Covid-19. 

Thailand sudah bersiap 'say goodbye' ke Covid-19, Indonesia kapan?

Menjawab itu, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril menjelaskan bahwa Indonesia masih mengacu pada sikap resmi Badan Kesehatan Dunia (WHO) soal status pandemi Covid-19. 

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut