get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Perusahaan 'Zombie' Subur di Amerika Serikat, Kiamat Ekonomi Makin Dekat?

Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,01% Melebihi Cina dan Amerika

Minggu, 15 Mei 2022 | 08:34 WIB
header img
Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,01% Melebihi Cina dan Amerika (Foto: Okezone)

JAKARTA - Diketahui pertumbuhan ekonomi Indonesia melebihi beberapa negara dunia lainnya seperti China, Korea Selatan, Amerika Serikat, Singapura hingga Taiwan. 

Pertumbuhan ekonomi Cina hanya mampu tumbuh 4,8% pada periode tersebut. Korea Selatan tumbuh 3,1%, Amerika Serikat 3,6%, Singapura 3,4% dan Taiwan 3,1%. Sementara Vietnam sama dengan Indonesia 5%.

Staf Khusus (Stafsus) Presiden Bidang Ekonomi Arif Budimanta mengatakan strategi pemerintah selama ini telah berkontribusi menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional, terlihat dari laju Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal I 2022 yang naik sebesar 5,01 persen (year on year/yoy).

“Berbagai strategi demand creating supply yang tengah dilakukan pemerintah saat ini sedikit banyak berkontribusi menjaga pertumbuhan ekonomi saat ini,” kata Arif saat dihubungi di Jakarta.

Berikut fakta ekonomi Indonesia tumbuh diatas China dan Amerika dirangkum dari Okezone, Sabtu (14/5/2022):

1. Diperanguhi Kebijakan

Menurut Arif, capaian pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2022 ini dipengaruhi berbagai kebijakan pemerintah selama ini seperti menjaga stabilitas harga, memperluas program perlindungan sosial dalam rangka menjaga dan memulihkan konsumsi rumah tangga yang terdampak pandemi.

2. Salurkan Pembiayaan

Kemudian juga kebijakan pemerintah dalam menyalurkan program pembiayaan kredit bagi UMKM dan mendorong penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

3. Pulihkan Ekonomi

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut