Fortescue telah menyimpulkan bahwa kereta-kereta ini memang akan menghasilkan surplus energi dengan rute yang dilalui ini. Pada tahun 2030, Fortescue berharap keempat rute akan mengoperasikan kereta ini dan mengurangi emisi karbon perusahaan.
“Konsumsi diesel dan emisi terkait akan dihilangkan setelah Kereta Infinity sepenuhnya beroperasi. Tentu ini secara signifikan berkontribusi pada target Fortescue untuk mengurangi energi diesel pada tahun 2030,” keterangan perusahaan dilansir SINDOnews dari laman The Drive, Selasa (31/5/2022).
Batasan penggunaan pengereman regeneratif sebagai sumber energi adalah sesuatu sudah diterapkan pada Nissan Leaf. Prinsip yang sama sedang dieksplorasi untuk digunakan pada truk penambangan listrik, selain kereta pengangkut bijih tambang.
Metode pembangkit listrik seperti itu tidak praktis dalam skala besar dan hanya berfungsi ketika beban berat dibawa jalur menurun. Namun, pemikiran ini sungguh menakjubkan sebagai cara untuk mengurangi pencemar industri.
Editor : Hadi Widodo