get app
inews
Aa Read Next : Walikota Pekalongan Ajak Masyarakat Aktualisasikan Nilai-Nilai Pancasila

3 Tokoh Islam yang Terlibat dalam Lahirnya Pancasila

Rabu, 01 Juni 2022 | 11:50 WIB
header img
Kasman Singodimedjo Tokoh Islam berpengaruh Lahirnya Pancasila (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Sebelum lahirnya Pancasila, terdapat peristiwa yang melibatkan sejumlah tokoh Islam dalam perumusan Pancasila menjadi dasar negara Indonesia yang dipegang teguh hingga saat ini. 

Berikut 3  tokoh Islam yang terlibat dalam lahirnya Pancasila.

1. Ki Bagus Hadikusumo

Ki Bagus Hadikusumo dikenal sebagai tokoh di balik rumusan Pancasila, Undang Undang Dasar, Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), serta Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Ia lahir di Yogyakarta, 24 November 1890. Ki Bagus berasal dari keluarga priyayi santri dari daerah Kauman, Yogyakarta. Pendidikan formal Ki Bagus hanya sampai sekolah dasar. Sementara itu, pendidikan agamanya didapat dari ayahnya dan ilmu dari pesantren yang berada di Pekalongan serta Wonokromo.

Pengaruh ketika mempelajari ilmu Islam didapatnya dari KH Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri Muhammadiyah. Pemikiran serta perjuangannya tak lepas dari Muhammadiyah. Jabatan yang pernah diembannya, mulai dari Ketua Majelis Tabligh hingga Ketua Pengurus Besar Muhammadiyah. Selain terlibat organisasi Islam, Ki Bagus juga terlibat dalam Sidang BPUPKI.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut