Jangan Asal Diet, Begini Penjelasan Dokter agar Berat Badan Anda Seimbang

Hadi Widodo
Jangan Asal Diet, Begini Penjelasan Dokter agar Berat Badan Anda Seimbang (Foto: Okezone)

DOKTER Spesialis Gizi, dr. Shiela Stefani M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, FINEM mengatakan, baiknya masyarakat memahami terlebih dahulu kondisi tubuhnya sebelum memulai diet yang tepat. Hal ini karena masih banyak ditemukan kasus di lapangan, sebagian orang salah menjalankan dietnya.

"Meskipun tren diet meningkat, masyarakat masih belum memahami diet yang baik dan benar untuk tubuh, sehingga banyak masyarakat melakukan diet yang salah," ujarnya saat peluncuran HaloDiet bersama Halodoc secara virtual, Selasa (14/06/22).

Dokter Shiela menjelaskan, melakukan diet bukan berarti tidak boleh makan sama sekali. Akan tetapi dianjurkan untuk mengatur pola makan dengan baik, dan menjaga kandungan nutrisinya. Misalnya, memilih makanan sumber karbohidrat kompleks, sumber protein yang rendah lemak, menghindari lemak jenuh, serta mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk melengkapi nutrisi tubuh.

Selain itu tak lupa melakukan olahraga teratur, supaya membakar banyak kalori dan mencegah metabolisme melambat, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

Terdapat macam-macam diet yang banyak ditemukan, namun tidak semua jenis diet cocok untuk tubuh setiap orang. Sehingga, kata dia, juga ingin mengedukasi masyarakat bahwa berkonsultasi dengan dokter juga menjadi hal penting sebelum memulai diet. Hal ini karena dokter akan membantu untuk mengenali kondisi, dan kebutuhan tubuh. Sehingga diet menjadi hal yang menyehatkan, bukan menambah risiko penyakit.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network