Waspada, Perairan Selatan Jawa Barat-NTB Diprediksi Terjadi Gelombang Tinggi hingga 6 Meter

Hadi Widodo
Waspada, Perairan Selatan Jawa Barat-NTB Diprediksi Terjadi Gelombang Setinggi hingga 6 Meter (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Gelombang tinggi berpotensi terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa Barat-NTB. Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pun mengeluarkan peringatan dini gelombang sangat tinggi hingga 6 meter pada 21-22 Juni 2022.

“Gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4.0 - 6.0 meter berpeluang terjadi di Samudera Hindia Selatan Jawa Barat - NTB,” kata BMKG dalam rilis yang diterima, Selasa (21/6/2022).

BMKG mengatakan hal ini dipengaruhi oleh adanya pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Selatan dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.  “Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Karimata, Laut Jawa, Laut Banda, perairan selatan Jawa dan Laut Arafuru,” paparnya.

Kondisi ini juga menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1.25 - 2.5 meter di perairan utara Sabang, perairan Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Ombai, perairan selatan Flores, perairan Kupang - Rote, Laut Natuna Utara, Selat Karimata, perairan P. Bangka - Belitung, Selat Gelasa, perairan timur Bintan - Kep. Lingga, Laut Jawa, perairan selatan Kalimantan, perairan Kota Baru.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network