3 Pahlawan Nasional Asli Betawi ini Diabadikan Jadi Nama Jalan di Jakarta

Hadi Widodo
3 Pahlawan Nasional Asli Betawi ini Diabadikan Jadi Nama Jalan di Jakarta (Foto: Okezone)

Ismail Marzuki aktif dalam orkes radio pada masa penjajahan Jepang dan melanjutkan musiknya di RRI. Sebagai bentuk penghormatan atas jasa dan karyanya, pemerintah juga membangun pusat seni dan budaya dengan namanya di Jakarta Pusat.

3. MH Thamrin

Mohammad Husni Thamrin merupakan seorang pahlawan nasional yang lahir di Kampung Sawah Besar, Jakarta pada 18 Februari 1894. Thamrin memiliki darah keturunan Eropa karena sang kakek merupakan orang Inggris yang menikah dengan perempuan Betawi. Ayahnya, Muhammad Tabri, dan ibunya, Nurhamah, merupakan salah satu keluarga terpandang.

Namun Thamrin terbiasa bermain dengan rakyat biasa sejak kecil. Ketika memulai karier politiknya, perhatian kepada rakyat kecil selalu ia tampakkan. Bukti Thamrin membela rakyat kecil dapat dilihat dari berbagai tuntutannya kala berkiprah di Gemeenteraad pada tahun 1919.

Thamrin menuntut pembuatan saluran air di Jakarta, mendesak penghentian perlakuan buruk di Sumatera Timur, serta memperjuangkan istilah inlander menjadi Indonesia atau Indonesisch. Berkat jasanya itu, nama Thamrin dijadikan salah satu nama jalan protokol di Jakarta. Salah satu museum di Jakarta Pusat juga dibuat dengan namanya.

Editor : Hadi Widodo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network