Jaga Kesehatan Anda! 5 Penyakit ini Perlu Diwaspadai Saat Cuaca Ekstrem

Nanang Sulaeman
Jaga Kesehatan Anda! 5 Penyakit ini Perlu Diwaspadai Saat Cuaca Ekstrem (Foto: Freepic)

AHLI meteorologi mengatakan, peristiwa cuaca ekstrem yang terjadi saat ini sangat meresahkan, dampak perubahan iklim yang cepat sudah bisa dirasakan dan efeknya memengaruhi kesehatan tubuh.

Selain mewaspadai cuaca ekstrim  upaya meningkatkan ketahanan tubuh juga harus dilakukan. Karena, berbagai penyakit berbahaya juga bisa muncul saat cuaca ekstrem terjadi. Berikut ini daftar penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem, seperti dirangkum pada Kamis  (6/7/2022).

Batuk

Penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem di urutan pertama adalah batuk. Cuaca yang panas terik, hujan, berangin, dan debu-debu dapat menyebabkan penyakit batuk.

Penyakit batuk ini bisa disebabkan dari bakteri maupun virus. Di samping itu, batuk sendiri merupakan mekanisme pertahan tubuh saat saluran pernapasan sedang berusaha untuk mengeluarkan benda asing atau lendir di saluran napas.

1. Batuk pilek

Batuk pilek juga menjadi penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem. Sebab, virus penyebab batuk pilek ini berkembangbiak lebih cepat di musim atau cuaca ekstrem ini. Apalagi saat ini ada Covid-19 yang salah satu gejalanya agak mirip dengan batuk pilek.

2. Flu

Penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem berikutnya yakni flu. Ini menjadi penyakit yang disebabkan oleh virus bernama Rhinovirus. Ketika kondisi cuaca tidak sedang menentu dan angin berembus kencang, virus akan mudah menyebar. Apalagi bila daya tahan tubuh sedang lemah.

3. Sakit kepala

Naik turunnya suhu yang ekstrem ketika cuaca ekstrem dapat menyebabkan sakit kepala. Misalnya, bila cuaca begitu panas terik di siang hari dan Anda beraktivitas di luar rumah. Lalu, pada sore atau malam harinya cuaca kembali berubah dan turun hujan. Suhu terlalu dingin tersebut juga dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit. Hal inilah yang menghambat suplai darah menuju ke otak, yang membuat sakit kepala.

4. Demam berdarah

Demam berdarah juga masuk ke dalam daftar penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem. Demam berdarah disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Sejumlah gejala demam berdarah yang perlu diwaspadai adalah sakit kepala, nyeri otot, tulang, sendi, mual, muntah, hingga adanya ruam. Segera ke dokter bila menemukan gejala tersebut.

5. ISPA

Penyakit yang perlu diwaspadai di urutan terakhir adalah (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). ISPA disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri di saluran pernapasan. Penyakit ini dapat menyerang apabila daya tahan tubuh sedang lemah. Gejalanya meliputi tenggorokan gatal atau sakit, bersin, hidung tersumbat, dan batuk.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network