Teliti Sebelum Membeli, Ini Ciri-ciri Mobil Bekas yang Harus Diwaspadai

Nanang Sulaeman
Teliti Sebelum Membeli, Ini Ciri-ciri Mobil Bekas yang Harus Diwaspadai (Foto: Freepic)

JAKARTA, iNews.id - Mobil bekas masih menjadi pilihan favorit beberapa orang karena harganya yang murah dibanding mobil baru keluaran pabrik. Tapi ada beberapa hal yang harus dipahami dengan baik sebelum membeli kendaraan roda empat. Terlebih, mobil bekas umumnya memang dalam keadaan tidak sempurna.

Bagi yang sedang mencari mobil bekas, penting untuk memastikan bahwa mobil yang diinginkan masih dalam kondisi benar-benar baik. Bukan bekas tabrakan, pernah mengalami kecelakaan, atau pernah kebanjiran.

Ini ciri-ciri mobil bekas yang harus diwaspadai :

1. Bodi Mobil Tidak mulus

Mobil bekas tabrakan atau kecelakaan akan memperlihatkan lekuk yang sudah tidak simetris. Meskipun sudah direparasi, ciri itu biasanya masih mudah untuk diidentifikasi. Untuk dapat mengetahuinya, dapat membandingkan antara sisi kiri dan kanan bodi.

Untuk mengetahui mobil bekas tabrakan atau kecelakaan juga dapat dengan mengamati kondisi paintjob atau cat bodi mobil. Akan tampak perbedaan pada bagian yang pernah di dempul dan dicat ulang.

2. Ada bekas las pada chasis atau rangka

Pada mobil yang pernah tabrakan atau kecelakaan parah, biasanya akan terjadi kerusakan pada chasis atau kerangka. Biasanya akan terdapat bekas las jika hal itu memang terjadi.

Untuk itu, pastikan bahwa bentuk bagian-bagian ini masih simetris dan tidak miring, kemudian perhatikan juga apakah ada bekas las pada rangka yang paling kentara di bagian kolong mobil.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network