Jurusan Pendidikan ini Paling Langka di Indonesia, Nomor 5 Cuma ada di Pekalongan Jawa Tengah

Nanang Sulaeman
Jurusan Pendidikan ini Paling Langka di Indonesia, Nomor 5 Cuma ada di Pekalongan Jawa Tengah (Foto: Freepic)

JAKARTA - Umumnya calon mahasiswa akan memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat mereka. Namun tidak jarang juga ada yang memilih jurusan kuliah yang jarang peminatnya, agar peluang lolosnya semakin besar. 

Calon mahasiswa juga perlu memperhatikan prospek peluang pekerjaan dari jurusannya. Apakah jurusan tersebut memiliki prospek kerja yang menjanjikan atau tidak. Di samping itu, ada pula jurusan yang langka, tidak dimiliki setiap kampus.

Berikut ini daftar Jurusan pendidikan paling langka di Indonesia: 

1. Jurusan Teknik Nuklir

Jurusan teknik nuklir hanya ada satu di Indonesia yaitu di Universitas Gadjah Mada (UGM). Bagi calon mahasiswa yang hendak mengambil jurusan ini, wajib memiliki kemampuan ilmu fisika dan matematika yang baik. Karena di jurusan ini, mahasiswa akan belajar banyak tentang kedua ilmu hitung-menghitung tersebut.

Mempelajari ilmu nuklir tidak hanya tentang senjata saja. Di Indonesia, ilmu nuklir digunakan untuk sumber energi. Prospek kerja di luar negeri ini juga sangat menjanjikan jika masuk jurusan ini.

2. Jurusan Sastra Belanda

Jurusan sastra memang jurusan yang banyak dijumpai di setiap kampus yang ada di Indonesia. Namun berbeda dengan sastra Belanda, jurusan ini hanya tersedia di satu kampus saja yaitu Universitas Indonesia.

Jurusan sastra Belanda juga sama seperti jurusan sastra lainnya, yakni mempelajari tentan sastra, sejarah, linguistik, hingga budaya.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network