Jurusan Pendidikan ini Paling Langka di Indonesia, Nomor 5 Cuma ada di Pekalongan Jawa Tengah

Nanang Sulaeman
Jurusan Pendidikan ini Paling Langka di Indonesia, Nomor 5 Cuma ada di Pekalongan Jawa Tengah (Foto: Freepic)

3. Jurusan Teknik Robotika dan Artificial Intelligent (AI)

Jurusan teknik robotika dan AI ini hanya ada di Universitas Airlangga. Jurusan ini mempelajari tentang desain dan aplikasi robotika dan AI serta hubungannya dengan metodologi penelitian, kewirausahaan, hingga komunikasi profesional.

Selain itu, jurusan ini juga mempelajari ilmu sains dasar seperti matematika dan fisika, algoritma, pemrograman, IoT, dan sistem siber-fisik. Jurusan ini juga melatih mahasiswanya mempelajari konsep hingga membuat robot seperti Siri, Alexa, atau Cortana.

Prospek kerja jurusan ini juga sangat menjanjikan, apalagi seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat. Lulusan dari jurusan ini dapat menjadi tenaga ahli robotika, otomasi industri, kecerdasan buatan, pengaplikasian komputer tertanam, hingga ahli pengembang perangkat lunak.

Tidak hanya tenaga ahli saja, lulusan jurusan ini juga dapat menjadi peneliti dan pengembang di institusi atau perusahaan.

4. Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen

Jurusan ilmu keluarga dan konsumen hanya ada di Institut Pertanian Bogor (IPB). Jurusan ini membahas tentang ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga serta pemberdayaan konsumen.

Melansir dari laman resmi IPB, jurusan ini memiliki prospek kerja seperti jasa konsultan di bidang keluarga, tumbuh kembang anak, dan pemberdayaan wanita.

Selain itu, lulusan jurusan ini juga dapat menjadi pendidikan dan pengelolaan pendidikan anak.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network