Atta Halilintar Ungkap Asma Kulit yang Dialami Ameena

Burhan/Net Pantura
Pasangan Auriel hermansyah -Atta Halilintar mengapit bayinya

a- Anak pasangan artis Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar, Ameena Hanna Nur Atta, dikabarkan mengalami penyakit asma kulit.

Kabar itu diketahui setelah Atta Halilintar melalui akun TikTok miliknya mengungkapkan, sang putri, Baby Ameena yang baru berusia sekitar 6 bulan mengidap asma kulit.

Apa itu Asma kulit yang dialami Ameena? Asma kulit adalah bagian dari eczema atau eksim. Secara medis, eksim memang banyak jenisnya, terbagi dalam tujuh tipe. Apa saja tujuh tipe eksim tersebut, dan bagaimana gejala dari masing-masing tipe? Melansir Healthline, Rabu (3/8/2022) berikut ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Dermatitis atopik: Bentuk eksim yang paling umum yang biasanya dimulai pada masa kanak-kanak, dan seringnya memang jadilebih ringan atau hilang saat dewasa. Gejalannya sendiri, sering terbentuk di lipatan siku atau lutut, warna kulit yang ada ruam berubah menjadi lebih terang atau lebih gelap atau menjadi lebih tebal, benjolan kecil dan mengeluarkan cairan jika digaruk.

2. Dermatitis kontak: Terjadi apabila mengalami kulit merah, iritasi kulit, dan bersisik tebal yang disebabkan oleh reaksi terhadap suatu zat . Dermatitis kontak dibagi dalam dua kategori yaitu dermatitis kontak alergi, reaksi sistem kekebalan terhadap iritasi, seperti lateks atau logam dan dermatitis kontak iritasi dimulai ketika bahan kimia atau zat lain mengiritasi kulit. Gejalanya, kulit gatal berubah menjadi merah, kulit jadi hiperpigmentasi, luka bakar, dan perih, benjolan gatal, kulit melepuh berisi cairan, kulit mungkin menebal dan terasa bersisik atau kasar.

3. Eksim dyshidrosis: Tipe ini menyebabkan lepuh kecil terbentuk di bagian tangan dan kaki. Eksim ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria loh! Kulit melepuh berisi cairan terbentuk di jari tangan, jari kaki, telapak tangan, dan telapak kaki , kulit yang melepuh disertai gatal atau sakit, dan kulit bisa bersisik, retak, dan mengelupas adalah gejala dari eksim tipe ini.

4. Eksim tangan: Eksim yang hanya menyerang tangan, biasanya karena melakukan aktivitas di mana secara teratur menggunakan bahan kimia yang mengiritasi kulit bagian tangan. Gejalanya sendiri, tangan menjadi merah, hiperpigmentasi, gatal, dan kering serta membentuk retakan atau lecet.

5. Neurodermatitis: Mirip dengan dermatitis atopik, tipe ini menyebabkan bercak tebal dan bersisik muncul di kulit. Kulit tebal, bercak bersisik di lengan, kaki, bagian belakang leher, kulit kepala, bagian bawah kaki, punggung tangan, atau alat kelamin, bercak bisa sangat gatal, terutama saat sedang santai atau tidur, dan bercak bisa berdarah dan terinfeksi jika digaruk merupakan sederet gejala neurodermatitis.

6. Eksim numularis: Jenis eksim ini menyebabkan munculnya bintik-bintik bulat berbentuk koin pada kulit. Eksim nummular terlihat sangat berbeda dari jenis eksim lainnya, dan bisa sangat gatal. Gejalanya, ada bintik bulat berbentuk koin terbentuk di kulit dan bintik-bintik tersebut mungkin gatal atau menjadi bersisik.

7. Dermatitis Statis: Ketika cairan keluar dari pembuluh darah vena yang melemah ke dalam kulit. Cairan inilah yang menyebabkan bengkak, kemerahan pada warna kulit yang lebih terang, warna coklat, ungu, abu-abu atau pucat pada warna kulit yang lebih gelap, gatal, dan nyeri. Saat mengalami eksim tipe ini, biasanya bagian bawah kaki bisa membengkak, terutama pada siang hari saat berjalan, kaki mungkin terasa sakit atau terasa berat, kemungkinan mengalami varises, lalu kulit di atas varises tersebut akan menjadi kering dan gatal, mengalami luka terbuka di kaki bagian bawah dan di bagian atas kaki.

Editor : Muhammad Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network