5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel

Nanang Sulaeman
5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel (foto: Frepic)

 

Bagi pemilik mobil mesin diesel tak perlu khawatir, berikut 5 Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Dieseldirangkum dari Okezone  Selasa, 6/9/2022.

 

1. Tambahkan Aditif Oli

 

Menambahkan oli aditif ke dalam oli mesin diesel sangat baik untuk mengurangi gesekan antara logam di dalam mesin yang menjadi penyebab utama kebisingan. Anda juga bisa melakukan ganti oli secara berkala. dengan mengganti oli kotoran didalam mesin dapat keluar dengan sempurna.

 

 

2. Pasang Peredam Suara atau Peredam Audio

 

Anda bisa memasang peredam kabin pada berupa lembaran yang ditempel atau disemprotkan seperti pada plat mobil, lantai kabin atau di balik kap mesin. Selain itu anda juga bisa menambahkan peredam pada pintu-pintu supaya suara bising tidak keluar.

 

 

3. Mencari Sumber Suara Kebisingan

 

Sebelum kita dapat mengambil tindakan lebih lanjut, pertama-tama kita perlu mencari tahu dari mana sumber kebisingan itu berasal. Suara kebisingan bisa berbeda-beda tergantung letak kerusakan. Misalnya karena plat bodi terlalu tipis sehingga tidak bisa menahan suara bising yang masuk.

 

Suara bising bisa masuk melalui sela yang terdapat pada sambungan plat bodi atau lubang-lubang kabel yang terhubung ke ruang kendaraan.

 

4. Tune up Mobil atau Penyetelan Ulang

 

Jika suara mesin mobil diesel begitu bising cobalah untuk mengecek apakah ada kotoran pada sistem pembakaran yang menimbulkan masalah pada mobil. Kotoran yang menyumbat ini akan menimbulkan suara bising dan membuat performa mobil menurun.

Lakukanlah tune up mesin diesel mobil secara menyeluruh. Pastikan tidak ada satu bagian pun yang terlewat di tune up apalagi bagian EGR.

 

5. Melakukan Flushing AC Mobil

 

Cara selanjutnya untuk menghaluskan suara mesin diesel adalah dengan melakukan flushing AC mobil. Suara bising mobil diesel ini bisa berasal dari kompresor Ac mobil karena adanya gram-gram besi. Dengan flushing AC gram-gram besi akan diangkat untuk mencegah kebisingan.

 

Editor : Hadi Widodo

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network