Hasil Kualifikasi Piala Asia U20: Kalahkan Hongkong, Kiper Indonesia Cahya Supriadi Dilarikan ke RS

Fatimatus Zahro
kemenangan Indonesia 5-1 atas Hongkong dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 harus dibayar mahal dengan cideranya kiper utama Cahya Supriyadi yang harus dilarikan ke rumah sakit karena cidera

SURABAYA, iNewsPantura.id - Kemenangan Timnas Indonesia U-19 5-1 atas Hong Kong harus dibayar mahal dengan cideranya kiper utama  Indonesia Cahya Supriadi hingga dilarikan ke rumah sakit.

Beruntung infomrasi terkini kondisi Kiper Utama Timnas U-19 itu dalam kondisi sadar dan hasil scan juga baik. Meski begitu kecil kemungkinan Cahya Supriadi bisa diturunkan di laga terakhir melawan Vietnam.

Sementara itu, pada laga kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Wonderkid Persebaya, Marselino Ferdinan tampil apik meski hanya main pada 10 menit akhir pertandingan dan berhasil mencetak brace.

Duel tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (16/9/2022). Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melakukan sejumlah rotasi dalam laga ini yang terbukti sukses.

Indonesia melancarkan serangan terlebih dulu lewat sisi kanan pertahanan Hong Kong. Bola dihalau pemain Hong Kong, Xavier Chang yang membuahkan sepakan penjuru bagi Indonesia. Belum genap lima menit, crossing bertubi-tubi dilakukan Indonesia terhadap Hong Kong. Sayangnya serbuan umpan silang tak sanggup disambut dengan baik Beri Santoso yang berdiri di tengah kotak penalti.

Permainan cepat Indonesia dibalas pula dengan permainan cepat Hong Kong. Meski lini belakang sempat kehilangan fokus, beruntung serbuan serangan Hong Kong tidak mengancam gawang kiper Cahya Supriadi. Peluang didapatkan Indonesia lewat tendangan bebas pada menit 8'. Umpan dilepaskan dan disambut Ahmad Rusadi. Sundulannya on target tetapi gagal menghasilkan gol.

Gol akhirnya tercipta pada menit 10'. Menyambut umpan Zanadin Fariz, sundulan Rabbani Tasnim mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia. Selepas gol Rabbani, Indonesia dan Hong Kong bertukar serangan kilat. Peluang menggandakan keunggulan sempat dirasakan Garuda Nusantara. Berawal dari umpan silang sisi kanan, Beri Santoso menerima bola di kotak penalti yang sayangnya masih bisa dihalau barisan pertahanan lawan.

Pada menit 22', Indonesia menggandakan keunggulan. Alfriyanto Nico menjebol gawang Hong Kong dari sisi kiri gawang Pong Cheuk Hei. Skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia. Seusai gol tersebut, Hong Kong bergantian menyerang. Beruntung aksi sigap kiper Cahya Supriadi mampu menjinakkan bola yang melesat dari sisi kanan pertahanan Indonesia.

Pada menit 43', Indonesia kembali memperbesar keunggulan ketika pergerakan gesit Zanadin Fariz sukses merusak pertahanan Hong Kong. Anak Bekasi itu kemudian men-chip bola untuk menjebol gawang Pong Cheuk Hei. Indonesia pun unggul 3-0 dan skor itu bertahan hingga babak pertama usai.

Selepas turun minum, Indonesia masih belum lelah melancarkan serbuan. Skema umpan silang kerap dilepaskan yang sayangnya tak menemui sasaran. Pada menit 49', Barnabas lengah dalam mengontrol bola di lini pertahanan Indonesia.

Bola lepas dan pemain Hong Kong melepaskan tembakan ke gawang Cahya Supriadi. Beruntung bagi Cahya, bola hanya mengawang di atas gawangnya.

Pada menit 58', Hong Kong mendapatkan penalti usai Ahmad Rusadi handball. Situasi menegang karena pada saat yang sama kiper Cahya Supriadi tak sadarkan diri usai mengamankan gawangnya Dalam tayangan ulang dia tertimpa lutut dari Beri Santoso.

Cahya Supriadi kemudian segera dilarikan ke rumah sakit dan Gawang Indonesia dikawal kiper pengganti, Aditya Arya Nugraha yang langsung harus mengahdapi tendangan penalti.

 Chen Ngo Hin yang mengambil tendangan penalti sempat berhasil ditepis oleh Aditya Arya. Sayangnya, bola rebound dimanfaatkan Chen sehingga skor menjadi 3-1.

Selepas itu tempo permainan Timnas telihat menurun. Shin Tae-yong akhirnya memasukkan bintang muda Marselino Ferdinan dan Robi Darwis pada menit 80' .

Strategi ini berhasil, Marselino dan Robi Darwis memproak porandakan pertahanan Hongkong. Pada menit 86', memanfaatkan umpan Robi Darwis, wonderkid Persebaya Marselino melepaskan tembakan terarah dari sisi kiri pertahanan Hong Kong dan Gol!, 4-1 untuk keunggulan Indonesia.

Marselino kembali mencetak gol keduanya lewat titik penalti setelah sebelumnya dia dijegal di dalam kotak terlarang Pada menit 90', dan skor 5-1 bertahan hingga akhir pertandingan berakhir.

Susunan pemain Timnas Indonesia U-19 vs Hong Kong U-19
Timnas Indonesia U-19: Cahya Supriadi (Aditya Arya 62'); Ahmad Rusadi, Barnabas Sobor (Frengky Missa 62'), Dia Syayid, Zanadin Fariz; Dony Tri Pamungkas (Dimas Pamungkas 62'), Alfriyanto Nico (Marselino Ferdinan 80'), Achmad Maulana; Arsa Ahmad (Robi Darwis 80'), Beri Santoso, Rabbani Tasnim Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Hong Kong U-19: Pong Cheuk Hei; Chang Xavier, Tsang Ellison, Lee Lok Him (Korani Krisna 77'), Ree Ryan; Tang In Chim, Sohgo Ichikawa, Chan Osmond, Law Cheuk Hei; Adriel Chan (Matthew Slattery 65'), Chen Ngo Hin (Jeremy Tsang 65') Pelatih: Cheun Kin Fung

Artikel ini telah tayang di www.inews.id

Editor : Muhammad Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network