Hartanya Tembus Rp63 T, Inilah Penjual Obat Terkaya di Indonesia

Hadi Widodo
Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Sejumlah pengusaha obat Indonesia mampu memiliki harta mencapai puluhan triliun rupiah. 

Sektor farmasi belakangan tengah menjadi sorotan seiring dengan mencuatnya kasus gagal ginjal akut yang dialami sejumlah anak di Indonesia. Industri farmasi pun menjadi salah satu industri yang cukup terdampak. 

 

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengeluarkan aturan penghentian dan penarikan sejumlah obat sirup yang diduga menjadi penyebab dari kasus gagal ginjal akut tersebut. Terlepas dari hal itu, beberapa perusahaan produsen obat di Indonesia memang berhasil mengantarkan sang empunya menjadi salah satu orang terkaya di Tanah Air. 

Siapa saja penjual obat terkaya di Indonesia tersebut? IDXChannel mengulas beberapa daftarnya sebagai berikut. 

 

Penjual Obat Terkaya di Indonesia

 

Beberapa pengusaha di bidang obat-obatan atau farmasi yang tercatat pernah masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes antara lain sebagai berikut. 

 

3. Irwan Hidayat

 

Irwan Hidayat dan keluarganya adalah pemilik saham terbesar di perusahaan jamu dan farmasi PT Industri Jamu dan Farmasi SIDO Muncul Tbk (SIDO). Perusahaan ini juga merupakan perusahaan jamu terbesar di Indonesia. Salah satu produk SIDO Muncul yang sudah banyak dikenal masyarakat adalah Tolak Angin. 

Seperti halnya Kartini Muljadi dan Boenjamin Setiawan, Irwan Hidayat pun berhasil masuk daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes menempati urutan ke-28. Pengusaha produsen obat-obatan dan herbal ini tercatat memiliki kekayaan mencapai USD1,58 miliar atau setara dengan Rp24 triliun (kurs Rp15.171 per USD). 

Itulah beberapa pengusaha penjual obat terkaya di Indonesia yang berhasil masuk daftar Forbes. Beberapa pengusaha tersebut sukses membangun bisnisnya di industri farmasi Tanah Air.

 

2. Boenjamin Setiawan

 

Boenjamin Setiawan atau lebih sering disebut dr. Boen merupakan salah satu dokter sekaligus pengusaha Indonesia yang berhasil membangun bisnis di bidang farmasi. Ia merupakan pendiri sekaligus pemilik raksasa bisnis farmasi di Indonesia, Kalbe Farma (KLBF). 

Mengawali bisnisnya di sebuah garasi rumah pada 1966, dr. Boen dan beberapa saudaranya berhasil membuat Kalbe Farma menjadi perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Beberapa produknya antara lain Komix, Procold, Promag, Woods, Entrostop, Fatigon, Mixagrip, Extra Joss, dan lain sebagainya.

Keberhasilannya sebagai seorang pengusaha di bidang produksi obat-obatan ini membuat Boenjamin Setiawan pun masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia. Ia bahkan menjadi salah satu dokter terkaya yang menempati urutan ke-8 dari 50 orang terkaya di Tanah Air versi Forbes 2022. Forbes mencatat kekayaan dr. Boen mencapai USD4,2 miliar atau setara dengan Rp63,7 triliun (kurs Rp15.171 per USD). 

1. Kartini Muljadi

 

Kartini Muljadi merupakan pengusaha perempuan yang berhasil membangun bisnisnya di berbagai lini. Ia dan anak-anaknya adalah pemilik dari grup Tempo yang menaungi beberapa perusahaan besar. Salah satunya adalah Tempo Scan Pacific (TSPC) yang bergerak di bidang produksi obat-obatan dan produk consumer goods lainnya. Beberapa produk dari Tempo Scan Pacific sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia seperti Bodrex, Oskadon, Neo Rheumacyl, Hemaviton, dan lain sebagainya.

Tak heran, Kartini Muljadi pun masuk dalam jajaran pengusaha penjual obat terkaya di Indonesia. Berkat keberhasilan grup bisnisnya termasuk bisnis di bidang farmasi tersebut membuat Kartini Muljadi menjadi salah satu wanita yang masuk dalam daftar 50 Orang Terkaya Forbes 2022. Forbes mencatat kekayaan Kartini Muljadi mencapai USD695 juta atau setara dengan Rp10,5 triliun (kurs Rp15.171 per USD).  

 

 

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network