Ilmu Menjadi Obat Mujarrab

Hadi Widodo
Ilustrasi (Foto: Okezone)

 

Ada juga pasukan pemburu berkat yaitu orang-orang yang tidak pernah hadir majlis taklim atau shalat jamaah di masjid dan mushalla, tetapi bila ada tetangga mengadakan walimah (kendurian) hadir paling duluan, kelompok ini disebut rombongan rongo (kutu nasi) atau team gegares.

 

Tipe selanjutnya adalah rombongan ahli ngeles adalah orang yang sudah pernah dateng sekali dua kali atau menjadi jamaah tetap jadi males-malesan, disamper diajak kaga mau lagi, terkadang alesannya banyak bangat. Meriang dikit kaga ngaji, besok_besok kalau ketemu ustadznya pake ngomong; "pak ustadz, mohon maaf lahir batin kemaren saya nga bisa hadir pengajian, saya meriang campur eneg puyeng, maklumin ya ustadz !!!

 

Ustadznya menjawab; Loh, kok ente minta maaf, ente hadir yang untung ente, ente kaga hadir ente yang rugi, jadi ente minta maafnya sama diri nt aja. Ngapain ente kaga ngaji cuma karena meriang, emang kalo ente kaga ngaji, tuh meriang bisa bae? Besok-besok kalo meriang, lebih baik ngaji !! Boleh jadi meriang ente bae dapat pahala pula.

 

Imam Abdul Wahhab as-Sya'raniy radhiyallahu anhu dalam kitab Uhudul Muhammadiyyah meriwayatkan bahwa guru kami Syeikhul Islam Zakariya al-Anshariy rahimahullah apabila mengalami pusing tujuh keliling atau meriang kaga kebayang beliau berkata: 

 

نويت الاستشفاء بالعلم لاذهاب الوجع

 

Saya niat menjadikan obat dengan ilmu yang disampaikan di majlis ini untuk menghilangkan penyakit.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network