Jelang Puasa, Kapan Bansos Beras-Ayam Cair?

Hadi Widodo
Jelang Puasa, Kapan Bansos Beras-Ayam Cair? (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Pemerintah akan segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) Ramadan 2023 berupa paket sembako ayam, beras, dan telur kepada 21,6 juta keluarga. 

Menurut rencana, bansos ini akan diberikan selama tiga bulan, yakni Maret, April, dan Mei. Namun, bualn puasa sudah di depan mata penyaluran bansos Ramadan berupa bahan pokok belum juga tersalurkan. 

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah sudah menyiapkan regulasinya terkait siapa saja penerima bansos Ramadan 2023.

Akan tetapi, Airlangga belum mau menjelaskan kapan bansos Ramadan tersebut akan disalurkan kepada masyarakat. Dia hanya bilang, pemerintah sudah siap untuk memberikan bansos pangan tersebut. 

"Sudah disiapkan regulasinya. Tunggu saja," kata Airlangga saat ditemui setelah Rapat Paripurna DPR Masa Sidang 2022-2023, Selasa (21/3/2023). 

"Sudah siap. Tanya ke kementerian terkait (kapannya)," tambahnya. 

Sebelumnya, Airlangga memastikan bansos Ramadan akan diterima oleh 21,6 juta keluarga dengan masing-masing keluarga akan menerima 10 kilogram beras dan akan disalurkan selama 3 bulan. 

"Salah satu yang kemarin sudah dibahas oleh Bapak Presiden itu kita akan memberikan bantuan beras kepada sekitar 21,6 juta masyarakat, berasnya 10 kilogram, dan akan diberikan selama 3 bulan. Nanti yang menyalurkan itu Bulog," ujarnya belum lama ini.

"Nah ini tentunya sedang dipersiapkan oleh Kementerian Keuangan, Badan Pangan Nasional (Bapanas). Nanti akan diatur, kalau beras melalui Bulog. Kalau yang lain melalui ID Food," jelas dia. 

Sementara itu, Direktur Perum Bulog, Budi Waseso mengaku, akan ada penyaluran beras sebelum bulan puasa. 

"Oh iya, sebelum puasa (beras) disalurkan, Maret ini sudah penyaluran," paparnya. 

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network