Maknyus! Inilah 5 Makanan Khas Pekalongan

Hadi Widodo
Tauto Pekalongan (ResepKoki)

PEKALONGAN, iNews - Kota dan Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah memang dikenal dengan batiknya, namun makanan khasnya juga maknyus lho!.

Jika anda kebetulan sedang atau akan singgah di Kota atau Kabupaten Pekalongan, jangan lupa mencoba makanan khas di bawah ini:

1. Sego Megono
Rekomendasi makanan khas Pekalongan yang pertama adalah Sego Megono. Menu ini terdiri dari nasi yang dilengkapi oleh sayur olahan nangka muda. Nangka muda yang ada di sego megono ini diiris dengan bentuk yang kecil-kecil. Jika irisan nangka muda ala  Gudeg Yogyakarta disajikan dalam bentuk basah berkuah, maka megono disajikan dalam bentuk kering.

Sego megono ini awalnya lebih sering untuk sarapan pagi.Namun kini sego megono disajikan di warung warung untuk menu makan pagi, siang ataupun makan malam.

2. Tauto
Tauto ini akronim dari Soto plus Tauco atau dengan kata lain tauto adalah soto khas Pekalongan. Salah satu yang membedaka tauto dengan soto dari kota lain adalah bentuk kuahnys yang lekat penuh bumbu dan rempah khas dengan menggunakan beraneka macam daging mulai dari daging ayam, sapi, atau bahkan kerbau, tergantung selera masing-masing.

3. Pindang Tetel
Meskipun memiliki nama pindang, olahan ini justru tidak mengandung ikan sama sekali. Melainkan tetelan sapi. Pindang tetel ini mempunyai kuah hitam legam dengan rasa khas kluak atau kluwek. Sepintas pindang tetel ini mirip rawon di Jawa Timur, bedanya disajiakn dengan kerupuk usek (kerupuk kecil warna warni yang dimasak dengan pasir).

4. Garang asem
Garang asem menjadi menu makanan khas Pekalongan selanjutnya yang wajib untuk Anda coba ketika mengunjungi kota ini. Olahan garang asem khas Pekalongan terbuat dari tetelan sapi yang telah direbus hingga empuk kemudian ditambahkan kuah asem yang bening dan segar.

Biasanya masyarakat Pekalongan menikmati hidangan ini dengan tambahan beberapa jeroan sapi dan juga telur ayam. Ada pula beberapa masyarakat yang lebih menyukai makanan ini ketika memiliki cita rasa pedas sehingga beberapa dari mereka menambahkan cabai di dalam kuah garang asem tersebut.

5. Lontong Lemprak
Hidangan yang satu ini merupakan menu yang terbuat dari bahan utama yaitu ayam kampung. Ayam kampung yang telah digoreng kemudian diberikan tambahan kuah kental yang memiliki aroma dan bumbu rempah yang sangat kuat. Makanan khas Pekalongan yang satu ini mungkin hampir mirip dengan olahan soto pula akan tetapi di Pekalongan menu ini disajikan dengan potongan lontong sebagai pelengkapnya.

Editor : Muhammad Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network