Simak 5 Tips Mengendari Mobil SUV Supaya Irit Bahan Bakar

Hadi Widodo
Mobil SUV (Foto: Okezone.com)

Bagi Anda pecinta Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ternyata ada berbagai tips agar mobil SUV lebih irit BBM saat dikendarai.

Melansir dari Auto2000, begini 5 tips mengendari SUV supaya irit bahan bakar :

1. Perhatikan tekanan ban yang ideal
Tidak dapat dipungkiri jika tekanan ban yang tidak ideal juga dapat berpotensi terhadap bahan bakar yang tidak irit. Apalagi untuk mobil tipe SUV, dimana bobot bodynya yang berat membuat mesin kewalahan bekerja extra untuk membuat mobil bergerak.

Maka yang terjadi pemakaian bahan bakar juga menjadi lebih boros. Sebelum melakukan perjalanan alangkah baiknya untuk selalu melakukan pengecekan pada tekanan ban.

2. Hindari muatan berlebihan
Muatan yang melebihi batas alias overload juga akan mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Nyatanya mesin mobil akan bekerja lebih keras untuk menjalankan kendaraan dengan bobot yang berat. Sehingga yang terjadi selama perjalanan SUV kesayangan Anda akan mendapatkan hasil konsumsi bahan bakar yang buruk dan boros.


3. Menginjak pedal gas berurutan dan jangan bejek
Hal yang pertama yang dapat Anda lakukan untuk dapat membuat SUV Anda irit bahan bakar yakni dengan memperhatikan pengaturan kaki Anda. Ketika berjalan utamakan memaju pedal gas dengan cara berurutan dan hindari untuk meninjak pedal gas secara membejek. Hal ini dilakukan untuk menjaga rpm supaya pakaian bbm menjadi irit.

4. Gunakan ac dengan bijak sesuai kebutuhan
Pemakaian AC dalam mobil juga mempengaruhi terhadap tingkat keiritan bahan bakar. Sebab AC mobil menggunakan sumber mesin untuk menggerakannnya.

Maka secara langsung mesin akan terbebani oleh AC. Jika Anda memakai AC dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan maka SUV Anda akan mendapatkan konsumsi bahan bakar yang irit.

5. Lakukan servis rutin
Mesin yang sehat juga akan mempengaruhi pada efisiensi bahan bakar. Maka dari itu baiknya Anda pemilik mobil SUV untuk selalu melakukan servis secara berkala di bengkel kesayangan.

Hal itu ditujukan untuk membuat mesin menjadi awet dan pembakaran internal menjadi sempurna sehingga irit bahan bakar.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network