Bisa Menunda Penuaan, Simak 7 Manfaat Buah Stroberi bagi Kesehatan

Hadi Widodo
Bisa Menunda Penuaan, Simak Manfaat Buah Stroberi bagi Kesehatan. (Foto: Instagram)

Anda pecinta buah stroberi?, selain rasanya yang segar stroberi juga memiliki bermacam manfaat bagi kesehatan tubuh.   

Di dalam 100 gram buah stroberi, terkandung sekitar 32 kalori dan beragam nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti; Karbohidrat, serat, protein, kalsium, folat, vitamin C, vitamin B6, magnesium, kalium, zat besi, dan beragam jenis antioksidan, seperti antosianin dan ellagitannins.

Maka tak mengejutkan jika stroberi memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat stroberi dirangkum dari berbagai sumber:

1. Melawan penyakit kanker

Vitamin C dan asam ellagic membantu menangkal kanker. Sementara vitamin C meningkatkan kekebalan Anda dan memperkuat pertahanan tubuh Anda melawan kanker, asam ellagic telah terbukti benar-benar menekan pertumbuhan sel kanker.

Asam ellagic, fitokimia melindungi dari kanker kulit, paru-paru, kandung kemih, dan payudara dengan memperlambat produksi sel kanker dan membantu tubuh menghancurkan jenis karsinogen tertentu. Vitamin C dan serat dalam stroberi juga melindungi seseorang dari kanker kerongkongan dan usus besar.

2. Melawan penyakit jantung

Flavonoid dalam stroberi mengurangi respons peradangan dalam tubuh dan ini melindungi jantung. Menurut para peneliti di Pusat Modifikasi Nutrisi Klinis dan Faktor Risiko di Toronto, buah stroberi mengurangi kerusakan oksidatif, serta lipid darah, yang memperburuk penyakit jantung dan diabetes. Pektin, serat larut dalam stroberi, menurunkan kolesterol LDL. Memiliki tiga atau lebih porsi stroberi setiap minggu untuk mengurangi risiko serangan jantung kalian.

3. Melawan peradangan

Peradangan menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh. Stroberi dapat membantu menetralkan itu. Faktanya sebuah studi Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi 16 stroberi atau lebih setiap minggu 14 persen lebih kecil kemungkinannya memiliki peningkatan kadar protein C-reaktif (CRP) yang menunjukkan tingkat peradangan dalam tubuh.

Vitamin C dalam stroberi juga mencegah peradangan dan mengurangi gejala artritis yang menyakitkan seperti radang sendi. Mangan dalam stroberi menjaga tulang tetap sehat.

4. Menjaga tekanan darah tetap stabil
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah stroberi bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Ini berkat kandungan kalium, flavonoid, dan polifenol di dalam stroberi yang mampu menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, buah ini baik dikonsumsi oleh orang yang menderita hipertensi.

5. Mengontrol kadar gula darah
Manfaat stroberi selanjutnya adalah mengontrol kadar gula darah. Hal ini karena stroberi memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu peningkatan kadar gula darah secara drastis. Berkat manfaatnya tersebut, buah stroberi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe 2.

6. Menunda penuaan

Antioksidan dalam stroberi melindungi tubuh kita dari stres oksidatif dan menunda tanda-tanda penuaan seperti keriput dan kulit kendur. Vitamin C melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel dan kolagen yang mengakibatkan garis-garis halus. Antioksidan lain dalam stroberi yang menunda penuaan adalah likopen dan antosianus.

Vitamin C dalam stroberi sangat penting untuk produksi kolagen, yang meningkatkan elastisitas kulit. Sebuah studi oleh Universitas Hallym di Republik Korea menunjukkan bahwa asam ellagic yang banyak ditemukan dalam stroberi, mencegah penghancuran kolagen dan respons peradangan pada sel-sel kulit, bahkan setelah paparan sinar UV-B.

7. Sebagai pembersih kulit dan toner

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana banyak pembersih wajah dan busa memiliki ekstrak stroberi? Yah, itu karena stroberi adalah pembersih yang hebat. Vitamin C, asam salisilat, antioksidan dan exfoliants dalam stroberi menghilangkan kotoran dan kotoran sambil menenangkan dan melembabkan kulit Anda.

Demikian informasi manfaat buah stroberi. so, jangan lupa konsumsi buah stroberi setiap hari.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network