Perubahan Iklim dan Perang Rusia Jadi Sebab Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok 

Nanang Sulaeman
Perubahan Iklim dan Perang Rusia Jadi Sebab Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok (Foto: Okezone)

JAKARTA –Dipengaruhi oleh situasi ekonomi global serta perubahan iklim mengakibatkan harga sembako atau kebutuhan pokok mengalami kenaikan menjelang Hari Raya Idul Fitri, tegas Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. 

“Seperti sering dijelaskan pemerintah bahwa memang sekarang ini akibat daripada situasi ekonomi Global ini terjadi kenaikan di mana-mana. Adanya perubahan iklim, adanya perang Rusia-Ukraina itu mengakibatkan semua,” kata Wapres, Selasa (12/4/2022).

“Jadi Lebaran kali ini bukan semata-mata Lebaran yang biasanya ada kenaikan, tapi ada pengaruh daripada ekonomi Global,” tegasnya.

Wapres pun menegaskan bahwa pemerintah telah mengantisipasi kenaikan-kenaikan harga khususnya minyak goreng (migor) bisa terkendali. Bahkan, beberapa waktu lalu sempat terjadi kelangkaan.

“Nah, bagaimana pemerintah mengantisipasi ini? Ini salah satu yang juga terdampak termasuk minyak goreng karena jadi naik, karena pemerintah berusaha supaya Migor yang curah ini masih bisa terkendali,” kata Wapres.

Wapres mengatakan, pemerintah telah menyiapkan bantuan sosial (bansos) berupa BLT minyak goreng. Bantuan ini akan diberikan kepada masyarakat sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Bantuan diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni serta dibayarkan di muka sebesar Rp300 ribu.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah menginstruksikan agar BLT minyak goreng segera disalurkan dan diharapkan bisa selesai sebelum Lebaran 2022. “Nah salah satunya pemerintah juga memberikan bansos yaitu Migor kepada (masyarakat),” ungkap Wapres.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network