Bukan Cuma Buahnya, Biji Pepaya Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan! Apa Saja?

Ribut Achwandi
Biji pepaya berguna bagi kesehatan tubuh kita

Dunia biji-bijian itu dunia yang menarik. Sebut saja biji kopi misalnya, popularitasnya bahkan menembus batas-batas teritorial negara, bahkan lintas benua. Apalagi dengan kandungan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Tetapi, apakah hanya biji kopi?

Ternyata tidak hanya biji kopi yang punya manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Biji pepaya pun punya andil bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, penasaran kan?

Sejauh ini, memang bagian pepaya yang banyak dimanfaatkan yaitu daun dan daging buahnya. Daun pepaya, selain digunakan untuk jamu juga dimanfaatkan untuk lalapan atau sayur. Buahnya, jelas bisa dimakan langsung atau untuk sayur dan bahan rujak. Lalu, apa manfaat biji pepaya

Yang jelas, biji buah pepaya mengandung mikronutrien esensial, dilengkapi polifenol dan falvonoid. Kandungan tersebut membuat biji pepaya memiliki segudang manfaat. 

1. Melancarkan Pencernaan

Sebagaimana daging buah pepaya, biji pepaya juga berguna untuk memelihara fungsi pencernaan. Biji pepaya mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat yang tinggi itu membantu sistem metabolisme tubuh menjadi bekerja lebih baik, sehingga memperlancar buang air besar dan mengurangi risiko sembelit.

Kondisi pencernaan yang sehat tentu akan membuat tubuh bekerja lebih baik. Alhasil, tubuh tak gampang sakit, terutama radang usus, luka usus, dan wasir.

2. Menjaga Kinerja Ginjal

Biji pepaya juga baik untuk kesehatan ginjal. Dengan mengonsumsi biji pepaya, kinerja ginjal akan menjadi lebih baik. Sehingga, akan memberikan manfaat besar pula bagi kesehatan tubuh, utamanya dalam menyaring zat-zat kimia yang tidak dibutuhkan tubuh. Sebab, di dalam biji pepaya terkandung antioksidan yang bisa menghambat kerusakan sel ginjal.

3. Mencegah Risiko Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam biji pepaya juga berguna untuk mencegah kanker. Dalam penelitian yang dipublikasikan Nutrition and Cancer menyatakan bahwa biji pepaya mempunyai sifat anti kanker karena mengandung nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

4. Memelihara Kesehatan Organ Hati

Kesehatan organ hati sangat penting bagi kesehatan tubuh. Untuk memberikan dukungan itu, mengonsumsi biji pepaya sangat dianjurkan. Setidaknya biji pepaya ini dikonsumsi secara teratur, minimal dua kali dalam sehari.

Pola konsumsi tersebut akan dapat mengembalikan organ hati yang sehat. Sebab, biji pepaya juga berperan sebagai detoks alami untuk organ hati. Hal inilah yang membuat fungsi hati terjaga dengan baik.

5. Melawan Infeksi dalam Tubuh

Biji pepaya juga dioercaya dapat membantu tubuh melawan infeksi. Khususnya, infeksi yang diakibatkan oleh jamur atau parasit. Oleh karena itu, mengonsumsi ekstrak biji pepaya kering dipercaya efektif membunuh parasit yang terdapat di dalam usus. Hal ini membuat usus dapat bekerja dengan baik.

6. Kontrasepsi Alami dan Mengontrol Kesubura

Bagi pasangan suami-istri, biji pepaya juga dapat digunakan sebagai kontrasepsi herbal dan menjaga kesuburan yang bebas efek samping. Biji pepaya diketahui bisa memepercepat kehamilan. Sedangkan pada pria, biji pepaya bisa mengurangi produksi sperma tanpa mempengaruhi libido. Namun manfaat ini tidak memberikan efek samping, sebab saat konsumsi dihentikan maka kesuburan akan kembali normal.

7. Menghilangkan Uban

Untuk menjaga penampilan, biji pepaya juga dapat digunakan sebagai obat awet muda. Khususnya, untuk menghilangkan uban di kepala. Caranya, keringkan biji pepaya kemudian ditumbuk halus. Lantas, gunakan bubuk biji pepaya secara rutin saat mandi, lalu keramas menggunakan air bersih.

8. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Kandungan asam oleat pada biji pepaya sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, disarankan agar konsumsi biji pepaya tidak berlebih untuk menghindari efek samping yang justru bisa menggangu fungsi tubuh.

9. Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam biji buah pepaya diketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan serat bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Sehingga nafsu makan lebih terkendali.

10. Menangkal Radikal Bebas

Biji pepaya rupanya juga berguna untuk melawan radikal bebas. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid pada biji pepaya yang cukup tinggi. Antioksidan ini berguna untuk melawan radikal bebas yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

11. Memelihara Kesehatan Usus

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa biji pepaya mengandung enzim yang berguna untuk membunuh bakteri dan parasit di usus. Enzim ini dikenal dengan nama proteolitik. Konsumsi enzim ini berperan untuk memelihara organ pencernaan, termasuk organ usus.

Efek Samping Biji Pepaya 

Meskipun manfaat biji pepaya segudang, namun sebaiknya konsumsi biji pepaya tidak berlebih. Hal ini dikarenakan biji pepaya bisa berisiko merusak struktur DNA, menganggu fungsi sel sehat, hingga menurunkan kualitas sperma.

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut terkait efek samping biji pepaya ini untuk kesehatan manusia. Untuk menghindari efek samping tersebut, maka kita perlu membatasi jumlah konsumsi biji pepaya.

Itulah beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan tubuh. Meskipun memiliki segundang manfaat, namun konsumsi biji buah ini harus dibatasi agar tidak menimbulkan efek samping yang bisa membahayakan tubuh.

Editor : Ribut Achwandi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network