Inilah Pengalaman Spiritual Seniman Batik Muda Asal Pekalongan, Tamakun

Ribut Achwandi
Tamakun (berjaket hitam lengan merah) saat sedang berfoto dengan pengunjung Museum Batik di samping motif batik karyanya (sumber: facebook)

PEKALONGAN, iNews – Mumpung masih musim cuti bersama, tidak ada salahnya untuk mengajak keluarga mengunjungi Museum Batik Pekalongan. Di sana, akan Anda saksikan koleksi batik yang beraneka rupa motif. Dari yang klasik sampai yang kontemporer. Dari batik khas Pekalongan maupun daerah-daerah lain, semua ada di sana. Salah satunya, motif batik ikan yang bergaya kontemporer. Motif itu bahkan pernah dipajang di akun resmi media sosial Kedutaan Besar Jepang, beberapa waktu lalu.

Yang menarik dari motif ikan itu adalah komposisi dan teknik pewarnaannya. Boleh dibilang motif ikan yang terpampang di ruang pamer koleksi batik itu mengesankan sebuah lukisan yang naturalis. Terasa hidup betul ikan-ikan pada gambar itu. Apalagi dengan riak-riak air yang tergambar sempurna pada kain.

Adalah Tamakun, pembuat motif batik ikan koi yang saat ini menjadi salah satu koleksi Museum Batik Pekalongan. Ia adalah seniman batik kebanggaan warga Kota Pekalongan. Terlebih, dengan kesibukannya belakangan yang kerap wira-wiri dari satu kota ke kota lain, dari satu pulau ke pulau lain. Dengan cara itu pula ia mengenalkan seni batik, tak hanya kepada masyarakat Indonesia, melainkan pula di mata dunia.



Editor : Ribut Achwandi

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network